Advertorial Kegiatan

KB Masyithoh 9 Ajak Anak Senang Belajar di Rumah Lewat Ramadan Ceria

MAGELANG – Pembelajaran dalam jaringan (daring) kadang membuat anak merasa bosan. Kebosanan timbul biasanya bukan karena malas belajar, namun karena kerinduan bertemu guru dan teman-temannya.

Mengantisipasi hal itu, guru harus ekstra berinovasi dalam memberikan tugas agar anak tetap merasa nyaman dan senang melakukan program belajar di rumah, terkait pencegahan wabah Covid-19. Berbagai metode pun dicoba, pembelajaran tatap muka diubah menjadi pembelajaran online.

Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh KB Masyithoh 9 Kota Magelang adalah dengan menggelar Kid’s Activity Ramadan Ceria. Kegiatan ini bertujuan menjaga pembiasaan belajar anak, meskipun mereka studying at home.

“Anak memang perlu dimotivasi agar tetap senang selama belajar di rumah dengan mengerjakan tugas-tugas dari sekolah,” kata Endang Wahyuningsih, salah satu pendidik di KB Masyithoh 9.

Dipandu Guru

Menurut Endang, kegiatan dinamakan Ramadan Ceria karena kebetulan pas bulan Ramadan, sehingga disebut demikian. Diharapkan anak-anak belajar berpuasa namun juga melakukan pembiasaan di rumah dalam keseharian mereka.

Sementara itu, Sri Rejeki menambahkan dalam kegiatan ini  pendidik atau guru merencanakan dan membuat rangkaian kegiatan anak dibendel. Selanjutnya orang tua mengambil bendel kegiatan di sekolah.

“Untuk mengerjakan tugas atau kegiatan tersebut, guru memandu lewat voice note, sehingga orang tua menjadi lebih jelas maksud tugas yang harus dilakukan anaknya,” ujar Sri Rejeki.

Kepala KB Masyithoh 9 Dra. Titien Nur Afifah sangat mendukung kegiatan yang dilakukan para guru untuk peserta didik di rumah. Pihak sekolah pun memfasilitasi apa yang dibutuhkan guru dalam kelancaran pembelajaran daring ini.

Pada masa pandemi ini, lanjut Titien, pembelajaran tetap berlanjut meskipun belajar di rumah. Pada intinya anak PAUD itu belajar lewat pembiasaan. Maka pembiasaan-pembiasaan di rumah ini yang kita tanamkan kepada anak.

“Kami berharap orang tua mampu berperan serta mendampingi anak-anaknya belajar di rumah,” harapnya.

Di tempat terpisah, salah satu siswa KB Masyithoh 9 Kota Magelang, Sabian Hamizan Silvano, mengungkapkan perasaannya selama melaksanakan kegiatan Belajar di Rumah.

“Saya senang dengan kegiatan yang diberikan bunda. Meskipun belajar di rumah sama seperti di sekolah, bersama bunda,” ungkapnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?