Advertorial Kegiatan

Di Hari Pendidikan Nasional, 125 Siswa SMK Muhammadiyah Kota Magelang Lulus

MAGELANG – Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, sebanyak 125 siswa kelas XII SMK Muhammadiyah Kota Magelang dinyatakan lulus. Pengumuman disampaikan oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Nunik Listyaningrum secara online.

Menurut Nunik, sekolah menyampaikan pengumuman kelulusan setelah menerima surat edaran dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dan dikuatkan kembali oleh Surat Edaran dari Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah 8. Nunik pun mengatakan, pengumuman kelulusan dilaksanakan secara online menjadi satu-satunya alternatif di tengah pandemi covid 19 ini.

“Di mana saat ini Kota dan Kabupaten Magelang sudah masuk dalam red zone Covid-19,” katanya.

Menjelang Buka Puasa

Pada awalnya pengumuman kelulusan hendak menggunakan website sekolah, dengan memasukkan akun dan password. Tapi dengan pertimbangan untuk memberi kemudahan kepada peserta didik dan orang tua atau wali siswa pada khususnya digunakan pengiriman online via email siswa berbasis autocrat.

Menjelang buka puasa, tepatnya pada pukul 17.00 WIB sesuai ketentuan dari dinas, dengan sekali klik surat pengumuman kelulusan diterima oleh 125 peserta didik.

“Alhamdulillah lulus 100 persen,” ucap Nunik.

Dijelaskan Nunik, syarat kelulusan sesuai dalam POS US yang sudah direvisi karena pandemi Covid-19.  Dasar nilai yg digunakan menggunakan nilai raport semester 1-6 dan ujian sekolah. Di mana ujian sekolah dilaksanakan secara online, sekolah tetap menggunakan raport sebagai dasar nilai kelulusan.

“Karena justru penilaian yang berkelanjutan menjadi potret dari kemampuan siswa dalam keseharian menempuh pendidikan selama 3 tahun, di sekolaah ini,” ujarnya.

Kepala SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Atiningsih, S.Pd. menyampaikan apresiasi kepada seluruh siswa yang baru saja lulus. Atiningsih juga mengimbau agar seluruh siswa yang telah lulus bisa tetap aman berada di rumah masing-masing.

“Tetap di rumah dan taati seluruh protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah terkait penyebaran Covid-19,” imbaunya.

Penutup Kegiatan Ramadan

Salah satu siswi Kelas XII Farmasi, Maryam Sukma menyampaikan kegembiraannya. Menurutnya belajar bukan hanya berada di bangku sekolah tetapi bisa di mana saja.

“Namun bagi saya, SMK Muhammadiyah Kota Magelang telah memberi saya banyak ilmu. Sehingga kini saya siap bekerja dan siap kuliah,” ujarnya.

Pengumuman kelulusan kelas XII ini menutup rangkaian Kegiatan Ramadan yang telah dilaksanakan sejak awal Ramadan, 28-30 April 2020. Di mana seluruh siswa kelas X dan XI mengikuti pembelajaran online dengan Kegiatan Ramadan yang dilakukan secara online. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?