Opini

Dalam Strategi Pengasuhan, Kenali 7 Tipe Anak Introvert Berikut

Siedoo, Pada dasarnya semua anak terlahir dengan keunikan dan ciri kepribadian yang berbeda. Oleh karena itu orang tua harus mengetahui bagaimana karakter anak-anaknya, apakah ekstrovert atau introvert. Dengan mengetahui karakter anak, harapannya orangtua mampu membantu mengembangkan potensi yang dimiliki anak.

Karakter anak ekstrovert mungkin terlihat lebih mudah karena mereka dengan sendiri nya terbuka dan bercerita. Hal itu sangat berbeda dengan karakter anak introvert, mereka lebih cenderung diam dan tertutup.

Memiliki anak introvert adalah tantangan tersendiri bagi orang tua. Jika anak benar-benar memiliki ciri-ciri introvert, orangtua hanya perlu strategi untuk pengasuhan dan mengenal lebih dalam introvert. Berikut adalah tujuh hal yang harus diketahui orang tua mengenai tipe anak introvert.

  1. Cenderung menghindari kontak mata dan berinteraksi secara langsung

Perlu diketahui bahwa bertemu dengan orang secara langsung, terlebih dengan orang yang baru merupakan tantangan besar bagi anak introvert. Bahkan anak introvert cenderung menghindar agar tidak terlibat dalam kondisi yang tidak diinginkan.

Perilaku tersebut bukan berarti anak introvert tidak sopan.  Melainkan mereka hanya berusaha melindungi diri dari rasa intimidasi dan malu terhadap orang asing atau orang yang baru dikenalnya.

2. Mudah emosi saat lelah

Seharian mengerjakan tugas, mengikuti suatu acara atau melakukan kegiatan lainnya akan menguras tenaga bagi anak introvert. Hal itu membuatnya lelah dan mudah tersinggung, emosionalnya akanmeningkat, dan anak tidak segan menunjukan hal itu.

Jika orang tua tahu bahwa anak akan menghabiskan waktu yang cukup lama dan melibatkan banyak interaksi sosial, sebaiknya orangtua menjadwalkan kegiatan. Dengan maksud  anak agar bisa memiliki waktu khusus yang membuatnya tenang dan menyendiri.

3. Suka berbicara dengan diri sendiri atau mainan favoritnya

Anak tipe introvert cenderung lebih tenang dibanding teman sebayanya yang ekstrovert. Mereka belajar dan mengenal dunia dengan cara mereka sendiri. Bahkan anak ini suka berbicara sendiri atau berbicara dengan mainan kesukaannya.

Orangtua tidak usah merasa heran jika melihat anak berbicara sendiri atau dengan mainan kesukaannya, karena itu merupakan cara mereka untuk membongkar dan meluapkan keluh kesah dirinya.

4. Suka bermain sendiri dibanding dengan berkelompok

Menikmati permainan seorang diri adalah ciri khas seorang introvert. Mereka lebih memilih menggunakan imajinasi daripada harus bermain dengan teman-temannya, terlebih dalam kelompok besar.

5. Hanya nyaman dengan teman terbatas

Anak-anak tipe introvert tentu juga membutuhkan teman, tetapi mereka hanya berteman dengan beberapa teman saja. Yaitu terbatas dengan teman yang dirasa nyaman, dibandingkan dengan sekelompok teman.

6.Enggan mencoba hal baru

Mereka berfikir, mencoba hal baru sama saja mereka harus berinteraksi dengan banyak orang. Anak dengan tipe ini tidak suka jika orangtua menyuruhnya mencoba melakukan hal baru, karena mereka cenderung lebih senang untuk tetap berada dalam situasi yang sudah dikenal dengan baik dan merasa nyaman.

7. Anak introvert kesulitan mengekspresikan emosinya

Salah satu tanda anak introvert adalah sulinya mengungkapkan atau mengekspresikan emosinya. Mereka tidak bisa menceritakan hal-hal apa yang terjadi kepada orang lain, bahkan orangtuanya sendiri. Sehingga mereka lebih sering memendam perasaannya sendiri. (*)

Nurul Intan Safitri
Mahasiswi Jurusan PGMI
IKIP Pekalongan Jawa Tengah
Apa Tanggapan Anda ?