Advertorial Opini

Sukses Dalam Ulangan, Berikut Simak Kiat Belajarnya

Siedoo,  Setiap siswa pasti ingin sukses dalam menempuh pendidikan. Harapan meraih nilai tertinggi di setiap ulangan menjadi motivasi yang kuat belajarnya. Namun terkadang nilai yang diperoleh dalam setiap ulangan belum memuaskan. Sehingga menyurutkan hasrat belajar.

Baik ulangan harian, ulangan tengah semester (UTS), maupun ulangan akhir semester (UAS) pada dasarnya tidak ada perbedaan. Prinsipnya sama, berisi soal-soal dari materi yang telah dipelajari untuk menguji seberapa paham siswa mengenai materi tersebut. Yang membedakan ketiganya adalah jumlah materi yang diujikan.

Karena prinsipnya yang sama, maka jangan takut menghadapi ulangan-ulangan di sekolah, bahkan menghadapi Ujian Sekolah ataupun Ujian Nasional sekalipun. Ubah pola belajar, berikut beberapa kiat yang bisa disiapkan saat menghadapi semua jenis ulangan dan ujian di sekolah.

  1. Selalu Berpikir Positif dan Fokus

Di benak kita, selalu tanamkan pola pikir sukses, dan fokuslah untuk menggapai kesukaran itu. Selalu berpikir positif, percaya bahwa kita bisa menguasai materi dan sukses saat ulangan atau ujian. Pola pikir ini yang akan mendorong kita untuk bertindak mencari cara untuk mempelajari materi.

  1. Singkirkan Rasa Malas

Perlu dipahami, tidak ada yang bisa menyingkirkan rasa malas ini selain diri sendiri. Lawan kemalasan melalui pola pikir sukses yang kuat. Beranjaklah dari zona nyaman, dan mulai belajar dari materi yang paling mudah. Abaikan dulu hiburan dan keperluan lain yang tak begitu penting.

  1. Manajemen Waktu

Meskipun penuh kesibukan, namun tetap harus bisa mengelola waktu dengan baik. Dalam manajemen waktu, susun skala prioritas. Jika memang ada keperluan yang harus diselesaikan, maka belajarlah lebih dulu sebelum capek dan mengantuk. Tapi manajemen waktu yang ideal adalah dengan memiliki waktu belajar yang rutin dan berkala.

  1. Strategi Pahami Pelajaran

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memahami pelajaran di luar kelas, antara lain mengikuti les, kerja kelompok atau bertanya pada orang sekitar yang lebih memahami. Gunakan gadget sebagai alat untuk belajar. Beragam aplikasi belajar yang ditawarkan di internet dewasa ini. Tinggal memilih yang dirasa mudah, nyaman dan sesuai dengan materi pelajaran yang ingin dipelajari.

  1. Hafal Pelajaran

Tidak hanya soal esai atau materi ilmu pengetahuan saja yang membutuhkan kegiatan hafalan. Materi hitungan seperti matematika, fisika atau bahasa Inggris pun butuh untuk dihafal, terutama rumus-rumusnya. Oleh karena itu setelah memahami, sediakan waktu pula untuk menghafal setiap materi yang akan diujikan.

  1. Perbanyak Mengerjakan Soal Latihan

Memahami dan menghafal materi saja tidak akan membuahkan hasil yang memuaskan, jika tidak diimbangi dengan latihan. Maka perbanyak mengerjakan soal latihan untuk mempersiapkan diri sebelum ujian.

  1. Berdoa dan Restu Orang Tua

Perjuangan tanpa doa bisa berujung sia-sia, apa yang dilakukan juga harus mendapat restu orang tua. Keduanya merupakan hal yang paling bisa diandalkan setiap saat. Jadi apabila sudah mempersiapkan semua kemampuan, mulailah berdoa. Jangan lupa mintalah restu kedua orang tua, terutama kepada ibu.

Melalui 7 kiat di atas, insya Allah kita akan sukses dalam menghadapi segala ulangan dan ujian, serta sukses dalam belajar menimba ilmu di bangku sekolah. (*)

Mima Nur Afifah
Siswi Kelas XI IPA 2 
SMA Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual)
Kota Magelang, Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?