Daerah Kegiatan

Siswa SD Tinjumoyo Diedukasi Budaya Hidup Sehat

MAGELANG – Dengan merebaknya pandemi Covid-19 berbagai anjuran untuk mencegah penyebarannya disampaikan kepada masyarakat oleh pemerintah. Salah satunya dengan cara selalu menjaga kesehatan dimulai dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya. Bagi warga SD Negeri Tinjumoyo Windusari Magelang Jawa Tengah menyikapi dengan arif dan tetap melaksanakan pembelajaran daring secara terpantau.

Menurut Kepala SD Negeri Tinjumoyo, Dudi Kretarto, S.Pd, pihaknya telah menanamkan budaya hidup sehat kepada siswa dan guru di sekolahnya. Sehingga ketika ada kebijakan pemerintah untuk bekerja dari rumah, belajar di rumah, dan beribadah di rumah semua berjalan dengan baik.

Dudi mengungkapkan, jauh hari sebelum Covid-19 melanda, para siswa telah melakukan kegiatan budaya hidup sehat. Mereka diajarkan di sekolah bagaimana menjaga kebersihan diri. Seperti mandi dua kali sehari, menggosok gigi dengan cara yang benar, memotong kuku, serta membudayakan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

“Semua siswa diajarkan menjaga kebersihan diri dan dianjurkan menjadi kebiasaan siswa di mana pun berada,” kata Dudi, Senin (13/4/2020)

Dudi menjelaskan, dengan meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat, menciptakan lingkungan yang sehat, memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal. Serta dapat memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat.

“Kami mengoptmalkan peran UKS, sebagai upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral. Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup beresih dan sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah,” jelasnya.

Selain itu, SD Tinjumoyo juga melaksanakan program Dokter Kecil. Mereka adalah siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan. Baik  terhadap diri sendiri, teman, keluarga maupun lingkungannya.

“Tujuan dokter kecil adalah meningkatkan partisipasi siswa dalam program UKS, penggerak hidup sehat di sekolah juga di rumah dan lingkungannya. Serta dapat menolong dirinya sendiri, menolong sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat,” papar Dudi.

Disebutkan Dudi, petugas Dokter Kecil di sekolahnya adalah siswa kelas 4 dan 5 yang telah mendapat pelatihan dokter kecil oleh tim tenaga kesehatan atau petugas dari Puskesmas Windusari Kabupaten Magelang.

“Alhamdulillah, mereka dapat mengaplikasikan di rumah. Sehingga selama melaksanakan tugas belajar di rumah saat ini, terpantau para siswa SD Tinjumoyo dan keluarganya sehat dan tetap menjaga kesehatan,” pungkas Dudi. (Siedoo).

Apa Tanggapan Anda ?