Advertorial Kegiatan

AJARKAN KEMANDIRIAN KEPADA ANAK MELALUI DONGENG

MAGELANG - Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi 1 Banjarnegoro, Mertoyudan Kabupaten Magelang, mengadakan kegiatan 'Sejuta Cerita untuk Dunia', Kamis (12/3/2020). Dengan mengangkat tema Kemandirian Anak, pihak sekolah menggandeng Kak Damar, seorang pendongeng ulung yang sering mengisi berbagai acara.

Kepala TK Pertiwi 1 Banjarnegoro, Upik mengatakan acara itu berlangsung di salah satu ruang kelas dan diikuti oleh seluruh anak didik dari semua kelas. Dikatakan, tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah sebagai bentuk penanaman sikap kemandirian kepada anak melalui cerita.

"Kami ingin menanamkan sikap kemandirian lewat cerita atau dongeng, jadi kami minta Kak Damar untuk menyampaikan trik-triknya. Agar kami dan orang tua menjadi lebih paham dalam bercerita atau mendongeng untuk anak," ucap Upik.

Dari luar ruang, banyak wali murid melihat langsung kegiatan tersebut. Sehingga mereka bisa mengetahui kiat-kiat yang dilakukan dalam mengajarkan kemandirian kepada anaknya. Para orang tua dapat secara langsung mendapatkan edukasi bercerita, sekaligus melihat anak-anak mereka antusias menyimak cerita dari penutur.

"Dengan pembawaan yang menarik dalam bercerita, anak-anak menjadi antusias mendengar Kak Damar. Mereka seolah dibawa ke alam cerita yang disampaikannya," ujar Upik.

Di akhir acara, Kak Damar berpesan kepada guru dan wali murid yang hadir, agar anak bisa tumbuh kembang selaras usianya, anak jangan dikarbit dalam hal kedewasaannya. Agar orang tua memahami pula bahwa kecerdasan anak tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lainnya

"Anak jangan dipaksa untuk belajar membaca menulis dan berhitung. Karena sejatinya setiap anak itu cerdas, dan tidak bisa dibandingkan dengan anak orang lain," pesan Kak Damar. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?