Categories: Nasional

Apakah Mendikbud Nadiem Makarim Terpapar Corona?

Share

JAKARTA - Mendikbud Nadiem Anwar Makarim dipastikan negatif corona. Itu diperoleh setelah ia menjalani serangkaian tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta. Mendikbud kembali menegaskan kendati tidak memiliki gejala, masyarakat yang tampak sehat dapat menjadi agen pembawa dan dapat menularkan kepada orang lain dengan tingkat kesehatan yang kurang memadai.

Karenanya, tetap berada di rumah dan mengerjakan seluruh aktivitas pekerjaan, belajar, dan beribadah dari rumah adalah langkah terbaik. Ia mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah, yaitu pembatasan sosial atau social distancing untuk sementara waktu.

“Bagi yang saat ini betul-betul tidak dapat beraktivitas dari rumah, saya paham betul ini situasi yang sulit, mari terapkan kedisiplinan yang tinggi dalam menjaga kesehatan, termasuk juga untuk masyarakat yang tidak terpengaruh covid-19 (corona),” katanya dalam siaran persnya.

Menurut Mendikbud, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia masyarakat terutama yang berada di daerah terdampak covid-19 diimbau untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah selama masa tanggap darurat bencana covid-19 diberlakukan.

“Covid-19 adalah virus berbahaya dengan tingkat penularan sangat cepat. Dengan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah kita akan menyelamatkan lebih banyak nyawa,” ungkapnya.

Saat ini, Mendikbud bekerja dari rumah dan menjalankan koordinasi serta rapat-rapat secara virtual melalui video konferensi dan telepon. Termasuk, mengikuti beberapa kali sidang kabinet yang dipimpin Presiden.

"Sesuai arahan Bapak Presiden, saat ini kami di Kemendikbud menjalankan tugas, pekerjaan, dan rapat-rapat koordinasi dari rumah menggunakan berbagai teknologi konferensi yang telah tersedia untuk sementara waktu menjalankan social distancing atau pembatasan interaksi," imbuh Mendikbud.

Sebelumnya, Kemendikbud telah menerbitkan beberapa surat edaran mengenai terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Di antaranya adalah Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di lingkungan Kemendikbud.

Dan, Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Covid-19 pada Satuan Pendidikan. Ada pula Surat Edaran Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran Daring selama Masa Tanggap Darurat Bencana Covid-19.

Sejak Senin,16 Maret 2020, Kemendikbud telah memberlakukan bekerja dari rumah (working from home) bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan kantor pusat. Adapun untuk pembelajaran daring di sekolah dan universitas, Kemendikbud telah menggandeng berbagai mitra swasta yang menyediakan teknologi pendidikan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
M Nur Ali
Leave a Comment

Recent Posts

Wah Mantap, Murid Kelas 10 Mampu Ciptakan Aplikasi Hitung Sampah

Siedoo, Murid kelas 10 Sekolah Cikal Surabaya, Jawa Timur membuat terobosan baru di bidang teknologi. Tiga murid membuat tim dengan…

2 jam yang lalu

Guru Besar UNY Bertambah 13 Orang

YOGYAKARTA - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memiliki 181 orang profesor. Jumlah ini setelah mengalami penambahan 13 guru besar. Acara pengukuhan…

3 jam yang lalu

Empat Tahap Implementasi Institusi Bersih dan Bebas Korupsi

SURABAYA - Dalam hal mewujudkan suatu institusi yang bersih dan bebas dari korupsi, terdapat empat tahap pengimplementasian. Yaitu Reformasi Birokrasi,…

23 jam yang lalu

Memupuk Empati, SMK Muhammadiyah Magelang Berdonasi Save Palestine

MAGELANG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah mengadakan kegiatan penggalangan dana untuk saudara di Palestina. Palestina…

1 hari yang lalu

Inovasi, Deteksi Kandungan Minyak Babi dalam Minyak Nabati

Siedoo, Laboratorium Rekayasa Fotonika Departemen Teknik Fisika, Fakultas Teknik Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Surabaya,…

2 hari yang lalu

Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Walikota dan MTCC Kampanyekan Anti Rokok

MAGELANG - Dalam memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) Universitas Muhammadiyah Kota Magelang (UNIMMA), Jawa Tengah…

2 hari yang lalu