Advertorial Daerah

Kenalkan Sifat-sifat Air, Siswa KB Masyitoh 9 Berenang Bersama

MAGELANG - Kelompok Bermain (KB) Masyitoh 9 Kota Magelang, Jawa Tengah mengajak siswanya mengenal salah satu unsur alam, yaitu air. Dengan membawa siswanya ke salah satu kolam renang di kota, siswa diajak bermain air sekaligus memberikan pelajaran tentang sifat-sifat air, belum lama ini.

Pengenalan unsur alam ini dikemas sangat menyenangkan dengan berenang bersama. "Outing class kali ini kita mengenalkan anak dengan unsur alam yaitu air. Tentu dengan berenang ini siswa jadi lebih mengerti bagaimana sifat air," ujar Kepala KB Masyitoh 9, Titien.

Manfaat dari kegiatan ini juga melatih keberanian siswa ketika bertemu dengan air yang berjumlah banyak. Mengingat jumlah ini biasanya akan menjadi hal yang menakutkan bagi anak usia 3-5 tahun. Dengan mengajak siswa ke kolam renang dan bermain bersama, mind set siswa tentang menakutkan soal air akan berkurang.

Usia KB yang masih terlalu dini, siswa tidak diajarkan berenang dengan metode khusus. Meskipun demikian, siswa sudah diajarkan bagaimana menjaga keamanan diri sendiri dan orang lain ketika berada di kolam renang.

Sebelum siswa berenang, para guru telah memberikan arahan tentang bagaimana berada di dalam kolam renang untuk menjaga keselamatan diri. Di antaranya siswa tidak boleh mendorong teman, berjalan dalam air dengan bergandengan tanpa pengawasan dan lain-lain.

"Sebelum berangkat, di sekolah kita sudah arahkan agar bermain tidak mengganggu temannya, tidak mendorong teman gitu. Biar lebih waspada," jelasnya.

Selain pengawasan dari para guru, orang tua siswa juga dilibatkan dalam kegiatan ini. Hal ini karena usia KB masih perlu pengawasan dan pendampingan. Maka, mereka diikut sertakan untuk mengawasi siswa. Kedekatan antara orang tua dan siswa pun bisa terjalin dengan lebih baik.

"Meski pun ada beberapa siswa yang orang tuanya tidak bisa ikut tidak apa-apa, guru yang mendampingi tapi sebelumnya memang sudah dikomunikasikan ke wali murid untuk ikut serta," tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?