Opini

Pentingnya Sekolah Miliki Program Pemeriksaan Bagi Siswa

Siedoo, Dalam upaya membiasakan hidup bersih dan sehat setiap sekolah memiliki aturan yang telah ditetapkan dan ditaati semua warga sekolah. Salah satunya berupa pemeriksaan kesehatan secara berkala. Sebaiknya dilaksanakan tidak hanya kala awal tahun pelajaran, namun dijadwalkan secara rutin bisa bulanan atau triwulanan.

Pemeriksaan kesehatan siswa merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan dasar yang bertujuan mengetahui status kesehatan siswa. Kegiatan itu sebagai salah satu upaya deteksi dini jika siswa memiliki masalah kesehatan. Sehingga siswa juga memiliki kebiasaan cek kesehatan rutin hingga kelak mereka dewasa.

Dengan pemeriksaan kesehatan secara berkala, akan diketahui kondisi kesehatan, perkembangan fisik siswa, seperti perkembangan tinggi dan berat badan mereka. Juga pemeriksaan gigi, mulut, telinga, kulit dan kuku. Selain itu dapat mengantisipasi paparan penyakit menular, virus epidemi, atau pandemi.

Jalin Kerja Sama

Dalam melaksanakan program di atas setiap sekolah perlu menggandeng pihak terkait. Seperti kerja sama dengan Puskesmas, dokter, PMI, juga dinas kesehatan. Dengan menjalin kerja sama tersebut diharapkan pemeriksaan kesehatan siswa dapat lebih intens dan terbantu oleh tenaga yang ahli di bidangnya.

Puskesmas biasanya menjadi instansi kesehatan terdekat dengan sekolah, maka bisa diprogramkan bersama. Dengan maksud menjadi simbiosis mutualisme dan saling mendukung antara sekolah dengan Puskesmas. Sehingga kerja sama tersebut menjadi prioritas dalam melaksanakan program pemeriksaan kesehatan bagi siswa.

Libatkan Orang Tua dan Komite Sekolah

Semua program sekolah termasuk program kesehatan siswa ini akan menjadi lebih baik apabila senantiasa melibatkan orang tua serta komite sekolah. Hal itu akan mendukung kelancaran dalam menjalin kerja sama dengan pihak tersebut di atas.

Kepala sekolah dan guru terutama di sekolah dasar sangat membutuhkan masukan dan bantuan tenaga dalam menggandeng pihak pendukung program sekolah. Sehingga melibatkan orang tua dan komite sekolah perlu dikelola dengan baik terlebih dahulu.

Pemeriksaan kesehatan juga bisa dilakukan secara insidentil apabila diperlukan atau dinilai mendesak. Seperti ketika terjadi penularan dan penyebaran suatu penyakit atau virus berbahaya.

Dari uraian di atas, jelas sangat penting setiap sekolah memiliki program pemerikasaan kesehatan bagi siswa. Program yang terarah dan terkelola dengan baik akan mewujudkan sekolah sehat dengan warga sekolah yang sehat, terutama siswa yang sehat. Dengan kesehatan yang terjaga siswa lancar dalam mengikuti pembelajaran setiap hari. Tanpa absen karena sakit.(*)

 

Narwan, S.Pd

Guru di Kabupaten Magelang

Provinsi Jawa Tengah

Apa Tanggapan Anda ?