ADV

Berbelanja Hemat, TK IT Pamardhi Siwi Ajak Siswa Kunjungi Pasar Tradisional

MAGELANG – Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Islam Tepadu (IT) Pamardhi Siwi Mertoyudan, Kabupaten Magelang mengajak siswanya berbelanja ke pasar tradisional Kebonpolo, Kota Magelang, belakangan ini. Hal ini tidak lain untuk memberikan pelajaran baru bagi siswa dan mengenalkan pedagang sebagai profesi mata pencaharian.

“Selama ini kan anak-anak jarang ke pasar tradisonal, kebanyakan mereka ke toko atau swalayan. Jadi dengan ini kita memberi tahu. Ini loh ada tempat bernama pasar yang beda dari tempat jual beli yang lain,” kata Kepala TK IT Pamardhi Siwi, Bariyah Esti Kastufi.

Dijelaskan, selain pasar tradisional yang sudah jarang dikunjungi, siswa juga diberitahu pembeli dapat menawar barang-barang. Sehingga bisa lebih meminimalisir pengeluaran.

Diterangkan, pasar tradisional Kebonpolo dipilih sebagai tempat berkunjung karena kondisi pasar yang bersih dan tidak terlalu penuh sesak. Sehingga memungkinkan siswa untuk lebih leluasa melihat dan belajar langsung di pasar.

Sesampainya di pasar, siswa berkeliling untuk mengenalkan berbagai macam barang dagangan. Setelah berkeliling siswa diajak untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan.

Sebelum berangkat ke pasar, siswa terlebih dahulu diminta mendaftar belanja bersama orang tua di rumah. Kemudian siswa berangkat ke pasar dan juga diberi uang sejumlah Rp 10 ribu per siswa.

“Nah, jadi di pasar kita sudah tinggal cari barang-barang yang sudah dipesan ibunya dari rumah. Siswa punya kesempatan untuk melakukan jual beli secara langsung,” jelasnya.

Siswa juga diajarkan untuk membawa uang kembalian pulang dan diserahkan kepada orang tua masing-masing. Sesampai di rumah orang tua melaporkan hasil belanjaan siswa. Hal ini melatih siswa untuk bertanggung jawab dan bersifat jujur sejak dini.

Manfaat lain dari kegiatan ini, dikenalkan juga profesi sebagai pedagang adalah profesi mulia yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Jadi selain belajar kegiatan keseharian, siswa juga mendapat pelajaran keagamaan secara tidak langsung. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Vivin Choerotunnisa

Recent Posts

Agar Akun Medsos Anda Tidak Diretas, Jangan Lakukan Hal Kecil Ini

SEMARANG, siedoo.com - Selain akun media sosial (medsos) milik pemerintah, akun kepunyaan Anda juga berpotensi…

6 jam ago

Keren Sekali! SMPN 9 Kota Magelang Ciptakan Aplikasi Babe Komang

MAGELANG, siedoo.com - Menindaklanjuti 9 Program Unggulan Wali Kota Magelang, SMPN 9 Kota Magelang, Jawa…

9 jam ago

Senam Bersama hingga Pameran UMKM Meriahkan HUT Kemerdekaan RI

MUNGKID, siedoo.com – Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, ratusan masyarakat sangat antusias ikut memeriahkan kegiatan…

15 jam ago

Rumah Makan Amis-amis “100% Ikan Segar”, Pengunjung Bisa Pilih Ikan Sendiri, Bisa Juga Karokean

MAGELANG, siedoo.com - Rumah makan (RM) Amis-amis yang berlokasi di Jalan Raya Magelang - Semarang,…

1 hari ago

Meriahkan HUT Kemerdekaan RI, DPD PKS Kabupaten Magelang Gelar Senam Massal dan Jalan Santai

MAGELANG, siedoo.com – Dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77, Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera…

1 hari ago

Cacar Monyet Sudah Menyebar di 88 Negera, Apakah Indonesia Masuk di Dalamnya?

JAKARTA, siedoo.com - Meski wabah cacar monyet belum terkonfirmasi di tanah air, namun pemerintah perlu…

2 hari ago