Advertorial Daerah

Ukir Prestasi dan Asah Jiwa Sosial dalam Kemah Bakti Darma

MAGELANG – Kemah Bakti (Kemba) Darma 3 kembali berlangsung di Magelang pertengahan bulan ini di lapangan Samudera Raksa Kompleks Candi Borobudur. Kegiatan kepanduan ini diikuti berbagai perwakilan dari SMP di Jateng dan DIY.

Salah satu sekolah yang turut mengirimkan perwakilannya adalah SMP Islam Terpadu (IT) Ihsanul Fikri Mungkid Kabupaten Magelang. Mereka mengirimkan 60 siswanya yang terbagi dalam 3 regu ihwan (putra) dan 3 regu akhwat (putri).

Dari kegiatan ini, mereka cukup banyak membawa pulang piala. Bahkan salah satu regu berhasil mendapat sampai 15 piala. Diantaranya adalah lomba variasi bari-berbaris, tahfidz, teknologi tepat guna, dan lain sebagainya.

Banyak kegiatan yang tentunya menambah pengalaman dari setiap peserta dalam mengikuti acara ini, seperti yang diungkapkan Salsabila, salah satu dari ketua regu yang mengikuti kegiatan ini,

“Disitu kami selain mendapatkan teman banyak, kami bisa mengasah kepercayaan diri kami dan juga diberi wawasan seputar kebangsaan dan  keterampilan survival,” akunya.

Pada hari kedua, peserta diuji dengan adanya hujan lebat yang mengakibatkan beberapa tenda terendam dan hampir roboh. Dengan kesigapan para pembina dan rasa gotong royong yang kuat, masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.

Tak hanya diisi kegiatan kepramukaan saja, namun juga kegiatan-kegiatan yang bersifat agama dan sosila, seperti shalat tahajud bersama setiap pagi dan juga tilawah mandiri.

Di hari akhir kegiatan pun mereka diajak untuk melaksankan bakti sosial di panti asuhan di sekitar kompleks Candi Borobudur.

Tri Nur Jannah selaku pembina pramuka di SMP IT IF Mungkid berharap dengan keiikutsertaan kegiatan ini mereka bisa menambah pengalaman dan prestasi siswa siswi mereka khususnya dibidang kepanduan.

Selama ini, Pramuka SMP IT IF Mungkid memang terkenal sangat berprestasi. Bahkan pernah mengikuti sebuah ajang kepanduan internasional di Thailand.

Alhamdulillah prestasi kami tahun ini cukup memuaskan, kemarin itu sempat ada satu prestasi internasional di Thailand,” tandas Nur Jannah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?