Advertorial Daerah

Cooking Class, Siswa TK Pertiwi Mendadak Jadi Koki

MAGELANG - Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi Kota Magelang, Jawa Tengah mengajak siswanya mengunjungi salah satu rumah makan cepat saji. Hal ini untuk mengajarkan cara memasak kepada siswanya, Selasa-Rabu (25-26/02/20).

"Untuk pembelajaran anak, supaya tahu cara memasak dan bisa mempraktikan di rumah bersama orang tuanya. Jadi tidak hanya makan tapi juga tahu cara membuat dan tau prosesnya," ujar guru kelas Umi Ulfa Utami, S.Pd.

Menurutnya, biasanya siswa sudah diajarkan untuk membuat makanan di sekolah. Kali ini siswa berkesempatan langsung untuk melihat dan praktik di salah satu rumah makan di kota setempat.

Siswa diajarkan mulai dari menjaga kebersihan ketika memasak agar makanan steril dan sehat untuk dikonsumsi. Dari memakai kain celemek untuk melindungi baju yang dikenakan dan menjaga kebersihan tangan.

Selanjutnya siswa bergantian memberi bumbu pada daging yang akan dimasak. Lalu memasaknya. Tidak lupa siswa juga diajarkan untuk mengepak daging yang sudah jadi dalam kardus-kardus hingga siap untuk disajikan.

Manfaat dari kegiatan ini tidak lain untuk memberikan pengalaman pada siswa. Siswa juga mengetahui proses bahan makanan hingga dapat dikonsumsi. Pengalaman ini penting agar siswa tidak hanya tau mengkonsumsi tapi juga tau proses produksi.

Kegiatan ini juga mengenalkan profesi koki kepada siswa. Harapkannya siswa yang hobi memasak mempunyai motivasi untuk menggapai cita-citanya menjadi seorang koki.

"Kita ada di tema profesi, jadi sekaligus mengenalkan siswa pada profesi koki dalam cooking class ini," tambahnya.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua hari. Hari pertama untuk siswa kelas KB dan TK A. Hari kedua untuk siswa kelas TK B. Dari awal hingga akhir kegiatan berlangsung menyenangkan. Tak lupa siswa diperbolehkan membawa hasil masakannya untuk dikonsumsi di rumah. (Siedoo)

 

Apa Tanggapan Anda ?