Daerah

Gairahkan Pramuka di Tingkat Ranting Lewat Pesta Siaga

MAGELANG – Pesta Siaga menjadi salah satu ajang menggiatkan Pramuka di tingkat dasar. Dengan pesta tersebut peserta didik di tingkat sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) dilatih berkompetisi secara sportif dalam suasana yang menggembirakan.

Hal itu disampaikan Kepala Kwartir Ranting Windusari, Irfandi, S.Pd usai pembukaan Pesta Siaga Kwartir Ranting 03 Windusari Tahun 2020, baru-baru ini. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari di SMK Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Irfandi, Pesta Siaga dengan motto ‘Satyaku Kudharmakah, Dharmaku Kubaktikan’ itu berbentuk lomba-lomba yang menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.

“Adapun materinya melalui beberapa Taman, seperti Taman Taqwa kepada Tuhan, Tanda Pengenal Seragam Pramuka, Pengetahuan Umum, Kemampuan Indera Manusia, Tali-temali, Baris-berbaris, dan Bumbung Kemanusian. Serta permainan ketangkasan di Taman Kereta Bola Basket, dan juga ada Pentas Seni Budaya,” terang Irfandi.

Sementara itu Ketua Panitia, Manap, S.Pd menyebutkan, Pesta Siaga kali ini diikuti 68 Barung Putra dan Putri dengan jumlah total peserta 680 anak. Pesta Siaga untuk memberikan motivasi, inspirasi, pengalaman, dan penyegaran kepada anggota.

“Selain itu juga guna menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. Serta membina karakter Pramuka Siaga dalam ajang Pertemuan Besar Siaga dan lomba,” jelas Manap.

Pada kegiatan pertemuan besar siaga tersebut dinilai Barung Tergiat Putra dan Barung Tergiat Putri. Di akhir pesta terpilih barung dari Gugus Depan (Gudep) SD Negeri Genito sebagai Barung Tergiat Putra dan Barung Ungu dari Gudep SD Negeri Gondangrejo sebagai Barung Tergiat Putri.

“Kedua barung tersebut nantinya akan mewakili Kwartir Ranting Windusari maju ke tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Magelang tanggal 22 Februari 2020 mendatang,” kata Manap. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana

Recent Posts

Mantap! Dua Prodi UNIMMA Lolos Program Akselerasi Pengembangan Kurikulum

MAGELANG – Dalam mendukung terlaksananya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM), Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA)…

1 hari ago

40 Mahasiswa FAI UNIMMA Duduki Ponpes Almatera Temanggung, Dalam Program Apa?

MAGELANG - Sebanyak 40 mahasiswa FAI UNIMMA Jawa Tengah akan mengikuti kegiatan pesantren mahasiswa di…

3 hari ago

Ketua DPKS Budiyanto: Pendidikan Merupakan Tanggung Jawab Bersama

SOLO - Masyarakat didorong agar berpartisipasi aktif dalam mewujudkan tujuan pendidikan yang menjadi bagian dari…

4 hari ago

SMPN 2 Kota Magelang Wariskan Cinta Lingkungan pada Peserta Didik

MAGELANG – SMPN 2 Kota Magelang Jawa Tengah peduli dan cinta lingkungan. Diantara hal yang…

5 hari ago

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkot Magelang dan IST AKPRIN Yogyakarta Jalin Kerja Sama

MAGELANG – Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang dan…

6 hari ago

Pentingnya Pengembangan Diri Bagi Pemuda, GenBI Korkom Semarang Selenggarakan Capacity Building

SEMARANG - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Korkom Semarang selenggarakan Capacity Building, belakangan ini.  Temanya, Build…

7 hari ago