Daerah

Gairahkan Pramuka di Tingkat Ranting Lewat Pesta Siaga

MAGELANG – Pesta Siaga menjadi salah satu ajang menggiatkan Pramuka di tingkat dasar. Dengan pesta tersebut peserta didik di tingkat sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) dilatih berkompetisi secara sportif dalam suasana yang menggembirakan.

Hal itu disampaikan Kepala Kwartir Ranting Windusari, Irfandi, S.Pd usai pembukaan Pesta Siaga Kwartir Ranting 03 Windusari Tahun 2020, baru-baru ini. Kegiatan tersebut berlangsung selama satu hari di SMK Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Irfandi, Pesta Siaga dengan motto ‘Satyaku Kudharmakah, Dharmaku Kubaktikan’ itu berbentuk lomba-lomba yang menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.

“Adapun materinya melalui beberapa Taman, seperti Taman Taqwa kepada Tuhan, Tanda Pengenal Seragam Pramuka, Pengetahuan Umum, Kemampuan Indera Manusia, Tali-temali, Baris-berbaris, dan Bumbung Kemanusian. Serta permainan ketangkasan di Taman Kereta Bola Basket, dan juga ada Pentas Seni Budaya,” terang Irfandi.

Sementara itu Ketua Panitia, Manap, S.Pd menyebutkan, Pesta Siaga kali ini diikuti 68 Barung Putra dan Putri dengan jumlah total peserta 680 anak. Pesta Siaga untuk memberikan motivasi, inspirasi, pengalaman, dan penyegaran kepada anggota.

“Selain itu juga guna menerapkan Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan. Serta membina karakter Pramuka Siaga dalam ajang Pertemuan Besar Siaga dan lomba,” jelas Manap.

Pada kegiatan pertemuan besar siaga tersebut dinilai Barung Tergiat Putra dan Barung Tergiat Putri. Di akhir pesta terpilih barung dari Gugus Depan (Gudep) SD Negeri Genito sebagai Barung Tergiat Putra dan Barung Ungu dari Gudep SD Negeri Gondangrejo sebagai Barung Tergiat Putri.

“Kedua barung tersebut nantinya akan mewakili Kwartir Ranting Windusari maju ke tingkat Kwartir Cabang Kabupaten Magelang tanggal 22 Februari 2020 mendatang,” kata Manap. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Narwan Sastra Kelana

Recent Posts

Mau Tahu Substansinya “Rodanya Mas Bagia”? Walkot Magelang Singgung Rp 30 Juta Per RT

MAGELANG, siedoo.com - Substansi Rodanya Mas Bagia adalah kemandirian masyarakat dengan menggelontorkan dana Rp 30…

52 menit ago

Hebat! Siswa SMK IT Ma’arif Kota Magelang Juara 1 AHM Best Student Jateng-DIY

MAGELANG, siedoo.com – Prestasi siswa SMK IT Ma'arif Kota Magelang, Jawa Tengah menggembirakan. Belakangan ini…

1 jam ago

Mendikbudristek Ajak Pelaku Pendidikan Lanjutkan Gotong Royong Wujudkan Merdeka Belajar

JAKARTA, siedoo.com - Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya pelaku pendidikan untuk…

10 jam ago

G20 Sangat Spesial, Biasanya Digelar di Bali, Tapi Kali Ini di Borobudur Magelang

MUNGKID, siedoo.com - Pemerintah Kabupaten Magelang sangat mendukung dalam mensukseskan kegiatan pertemuan forum kerja sama…

22 jam ago

Kesehatan Mental Guru di Masa Pandemi

Siedoo, Salah satu tantangan yang dihadapi institusi pendidikan adalah memastikan para tenaga pendidik memiliki kesehatan…

22 jam ago

Lomba Bertajuk Spetulasan di SMPN 2 Kota Magelang Bentuk Profil Pelajar Pancasila

MAGELANG, siedoo.com – Kemeriahan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77 nampak di SMPN 2 Kota…

1 hari ago