Advertorial Daerah

Outing Class ke Alun-alun, Anak Diajak Belajar Mengenal Magelang Lebih Dekat

MAGELANG – Kegiatan belajar bagi anak-anak usia dini memang akan lebih efektif jika dilakukan dengan cara yang mereka sukai. Salah satunya pembelajaran di luar kelas atau outing class. Hal ini diterapkan TK Islam Terpadu (IT) Asy-Syaffa 1 Kota Magelang, Jawa Tengah, belakangan ini.

Kegiatan semacam itu merupakan agenda yang dilakukan pihak sekolah setiap akhir pembelajaran suatu tema.  Untuk puncak tema bulan ini adalah rekreasi. Pihak sekolah mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Alun-alun kota setempat.

Di sana anak-anak diperkenalkan tentang bangunan-bangunan yang berada di sekitar alun-alun. Seperti rumah ibadah dari beberapa agama, kantor pos, dan menara air yang ikonik itu.

“Kita juga putarkan video tentang alun-alun zaman dulu dengan sekarang, mengenalkan gedung-gedung di sekitarnya itu apa saja, fungsinya apa. Jadi kita ke sana langsung mengamatinya,” kata Waka Kesiswaan TK IT Asy Syaffa 1 Kota Magelang, Indayani, S.Pd.

Selain itu, anak-anak juga diperkenalkan tentang lalu lintas. Dibantu dengan beberapa pihak kepolisian, mereka diberi kesempatan untuk belajar menggunakan fasilitas lalu lintas yang ada di sana. Salah satunya adalah fasilitas penyeberangan jalan di sisi timur alun-alun.

Anak-anak diberi kesempatan untuk menekan tombol lampu penyeberangan sekaligus diberi penyuluhan tentang tata cara menyeberang jalan yang baik dan benar.

Kemudian, anak-anak diajak ke kantor pos untuk mengenalkan kepada mereka salah satu gedung bersejarah di Kota Magelang tersebut. Dan setelahnya, kembali ke alun-alun untuk bermain di wahana permainan anak yang baru-baru ini dibuka.

Walaupun hanya berlangsung hingga pukul 9:30 WIB, anak-anak sudah merasa cukup senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Kedepannya pihak sekolah akan mengadakan kegiatan semacam ini tiap bulannya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?