Peserta 'Kemah Bakti Dasa Darma' di Kompleks Candi Borobudur. l foto : Huda l Siedoo

Advertorial Daerah

Siswa SMP IT IF Kota Magelang Turut Kemah Bakti di Kompleks Candi Borobudur


MAGELANG - Kepanduan Pramuka tak lepas dari kegiatan yang berhubungan dengan alam. Salah satunya ialah kemah. Seperti yang baru saja dilaksanakan SMP Islam Terpadu (IT) Ihsanul Fikri (IF) Kota Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan yang bertajuk 'Kemah Bakti Dasa Darma' ini berlangsung 6 - 8 Februari 2020 di lapangan Samudera Raksa Kompleks Candi Borobudur. Diikuti beberapa SMP dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan DIY.

Untuk SMP IT IF Kota Magelang sendiri mengirim 5 regu yang terdiri dari siswa kelas I dan II.

“Kita ambil dari kelas I dan II. Untuk kelas II kita ikutkan dari DKP. Sementara sisanya kita ambil dari siswa kelas I yang berminat saja,” kata Pembina Pramuka SMP IT IF, Pratiwi Ningtiyas S.Pd.

Acara dua tahunan tersebut sudah berlangsung untuk yang ketiga kalinya.

Dihari pertama diisi lomba-lomba antar regu maupun individu dari setiap perwakilan. Hari berikutnya permainan seperti wide game. Hari terakhir kegiatan susur Candi Borobudur yang kemudian dilanjutkan dengan mengadakan bakti sosial ke panti asuhan.

Antusiasme dari siswa yang mengikuti kegiatan ini sangatlah tinggi. Terbukti dari diboyongnya beberapa piala yang mereka dapat.

“Inti dari kegiatan ini adalah untuk menggalang ukhwah antar peserta. Tahu bahwa mereka juga saudara, juga sekaligus melatih kecakapan mereka di bidang kepanduan Pramuka,” jelasnya.

Harapan dengan diadakannya kegiatan ini bisa membuat siswa lebih membangun kekompakan dan kemandirian diri masing-masing serta dapat melatih siswa dalam membagi waktu antara ibadah dan kegiatan itu sendiri. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?