Categories: Nasional

Segeralah Daftar SNMPTN 2020, Ingat! Maksimal Dua Program Studi

Share

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 mulai dibuka Jumat (14/2/2020) hari ini pukul 14.00 WIB. Bagi para calon mahasiswa yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan telah memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) segeralah mendaftar.

Dikutip dari tribunnews.com, berdasarkan hasil pengisian PDSS, jumlah siswa yang mampunyai akun LTMPT dan permanen akun yang sudah diisikan datanya sebanyak 1.215.744.

Adapun yang bisa mendaftar SNMPTN adalah siswa yang lolos pemeringkatan oleh sekolah. Pengumuman pemeringkatan PDSS 2020 dapat dilihat melalui tautan http://rank.pdss.snmptn.ac.id/. Di laman tersebut, peserta tinggal mengisi 10 digit NISN dan tanggal lahir saja.

Ketua LTMPT, Mohammad Nasih mengatakan, siswa dapat melakukan login di laman LTMPT. Kemudian, siswa dapat mendaftarkan maksimal 2 program studi dari PTN yang ada.

Nasih menyebut Pendaftaran SNMPTN dianggap selesai apabila siswa sudah mencetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN. Sementara, siswa yang mengalami gangguan saat melakukan pendaftaran dapat menghubungi nomor layanan Call Center 0804 1 450 450 atau laman https://halo.ltmpt.ac.id.

"Pendaftaran dinyatakan selesai setelah siswa melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta SNMPTN. Siswa yang tidak melakukan pencetakan Kartu Tanda Peserta, dianggap tidak menyelesaikan pendaftaran dan tidak diikutsertakan pada Seleksi SNMPTN 2020," ujar Nasih dilansir dari detik.com.

Berikut langkah-langkah pendaftaran SNMPTN tahun 2020:

1. Siswa melakukan login melalui Portal LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id menggunakan Akun LTMPT yang telah dibuat sebelumnya.

2. Siswa memilih menu pendaftaran SNMPTN.

3. Siswa mengisi pilihan PTN dan pilihan program studi. Pilihan paling banyak 2 program studi, dengan alternatif pemilihan: (a) memilih 2 program studi dalam 1 PTN, (b) memilih masing-masing 1 program studi dari 2 PTN, dan (c) memilih hanya 1 program studi pada 1 PTN.

4. Siswa yang memilih program studi seni dan olahraga harus mengunggah dokumen portofolio sesuai program studi pilihannya. Template portofolio tersedia di laman Pendaftaran SNMPTN.

5. Siswa dapat mengunggah dokumen prestasi tambahan yang dimiliki.

6. Siswa melengkapi isian data diri, identitas orang tua, dan data ekonomi keluarga.

7. Siswa mengisi data ketunaan apabila diperlukan.

8. Siswa menyetujui Pernyataan Keikutsertaan SNMPTN dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang tersedia.

9. Siswa melakukan Finalisasi Pendaftaran dan dilanjutkan dengan mencetak Kartu Tanda Peserta sebagai bukti Peserta SNMPTN 2020. Setelah Finalisasi dan Cetak Kartu, Siswa tidak bisa melakukan perubahan data dengan alasan apa pun.

Dikutip dari kompas.com, jika  sudah memahami alur pendaftarannya, maka segera pilih prodi sesuai minat dan bakatmu di 85 PTN se-Indonesia. Adapun daftar 85 PTN termasuk tautannya bisa dilihat di laman https://www.snmptn.ac.id.

Berikut jadwal SNMPTN 2020

Pendaftaran: 14-27 Februari 2020, mulai pukul 14.00 WIB.

Seleksi: 28 Februari - 3 April 2020.

Pengumuman: 4 April 2020. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
M Nur Ali

Recent Posts

Bersiap Hadapi UNBK, Siswa MA Al-Iman Gelar Doa Bersama di Ponpes Assegafiyah

MAGELANG – Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang tinggal hitungan hari lagi, seluruh guru siswa kelas XII Madrasah Aliyah…

15 jam yang lalu

Jangan Lupa Finalisasi, Pendaftaran SNMPTN Ditutup Besok

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 dibuka sejak Jumat (14/2/2020) pukul 14.00 WIB dan akan…

15 jam yang lalu

Ternyata Belajar di Alam Bebas Membantu Perkembangan Anak

Siedoo, Secara umum banyak orang tua merasa khawatir apabila anak-anak balitanya bermain di luar ruangan. Para orang tua masih khawatir…

16 jam yang lalu

Cegah Bahasa Daerah Punah, Badan Bahasa Punya 5 Program Utama

JAKARTA - Berdasarkan data dari UNESCO dalam Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional 2020, secara global 40 persen populasi di dunia…

17 jam yang lalu

Kami Marah, Tapi Guru jangan Dibegitukan

Siedoo, Peristiwa duka yang menimpa siswa siswi SMP N 1 Turi Sleman Yogyakarta membuat marah semua pihak. Kejadian susur sungai…

22 jam yang lalu

Agar Berjalan Baik, Kawal Kebijakan Kampus Merdeka

JAKARTA - Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muchlis Rantoni Luddin ingin memastikan bahwa eksekusi atau pelaksanaan dari…

23 jam yang lalu