Advertorial Daerah

MBS SMA Mutual Jadi Wadah Pengembangan Bakat dan Prestasi

MAGELANG – SMA Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang, Jawa Tengah memiliki Kelas MBS (Muhammadiyah Boarding School). MBS menjadi tawaran alternatif bagi masyarakat yang ingin anaknya belajar akademik sekaligus belajar ilmu agama. Sekolah yang beralamat di Jalan Tidar No 21 ini berupaya memadukan pendidikan umum dan Islam dengan konsep Islamic Boarding School (pondok). Siswa bisa tinggal di asrama.

Salah satu siswa yang gabung di MBS adalah Nabila Dela Alifa. Siswi kelas XI ini mengaku sangat nyaman. Dia merasa lebih senang belajar bersama teman-teman serta mengikuti kegiatan MBS sesuai jadwal.

“Kami merasa mendapat ilmu lebih dibanding dengan di kelas reguler. Karena di MBS ini kami juga banyak mendapat ilmu agama Islam, yang jauh sebelumnya kami belum tahu,” ungkap pelajar asli Lampung ini.

Hal senada dikatakan Vionica, pelajar asal Kota Bengkulu. Dia sangat senang dengan kegiatan di MBS. Tidak hanya pelajaran akademik, ilmu agama Islam, namun juga belajar karakter.

“Bahkan secara umum, kami lebih banyak menggunakan waktu untuk hal yang bermanfaat. Seperti kuliah subuh setiap Ahad pagi berbaur dengan masyarakat sekitar di kompleks SMA Mutual,” katanya.

Sementara itu pengelola MBS SMA Mutual, Saiful Anwar, S.Pd.I mengatakan, penggagas sekaligus pengasuh MBS, H. Abu Ubaidah, B.A mendirikan boarding school untuk membentuk siswa menjadi anak solih dan solihah, berkarakter Islami serta mempunyai kepercayaan diri tinggi.

“Mereka mendapatkan pendidikan akademik juga pendidikan layakya di pesantren. Jadi dapat dikatakan bahwa MBS adalah perpaduan antara persekolahan dengan dunia pondok pesantren,” katanya.

Dikatakan Saiful, mereka dapat mengembangkan bakat dan prestasi lewat MBS. Hal itu dapat dibuktikan dengan beberapa prestasi yang diraih siswa. Seperti pada ajang Pekan Psikologi yang digelar Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Magelang 8 Februari 2020 lalu, 3 siswa MBS meraih kejuaraan.

“Masing-masing dalam Lomba Fotografi, Rahma Oktaviani Kelas XI IPA meraih Juara 1 dan Harka Dwi Oktafa Kelas XI IPS meraih Juara 3. Sedangkan Gardian Sofyan Hafid Kelas XI IPA merebut Juara 2 Lomba Poster,” terang Saiful. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?