Daerah

Prodi Ilkom UM Magelang Gelar Lokakarya Branding Desa

MAGELANG - Dalam Milad ke-2 Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Muhammadiyah Magelang (UM Magelang), Jawa Tengah berkolaborasi dengan masyarakat Desa Wanurejo, Borobudur menyelenggarakan pameran fotografi dan lokakarya fotografi branding desa, Sabtu (1/2/2020) di kampus I setempat. Tema yang diangkat “(Re)Kreatif: Bali Deso Branding Deso”.

Ketua penyelenggara, Prihatin Dwihantoro, S.Sn, M.I.Kom, mengatakan Desa Wanurejo yang tergabung dalam Balai Ekonomi Desa (Balkondes) untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa dengan konsep desa wisata. Hal ini dipilih karena memiliki daya tarik tersendiri.

Ada sekitar 20 Balkondes di daerah Borobudur dan mereka mempunyai ciri khas masing-masing. Ada yang mengemas dengan wisata edukasi, ada juga yang mengemas dengan wisata anak-anak," ujarnya.

Dalam lokakarya ini dihadirkan tiga pemateri, yaitu Ialah Much.Imron Rosyidi, M.Sc, Dosen Ilkom UM Magelang yang memaparkan tentang Community Development, Maksum Nur Fauzan, S.I.Kom, fotografer The Jakarta Post yang memaparkan tentang Branding Desa dengan Foto Berita, dan Annis Azhar,M.I.Kom, dosen Ilkom UM Magelang yang memaparkan tentang Teknik pembuatan konten publikasi dan narasi untuk branding desa.

Ketua Prodi Ilkom, Aftina Nurul Husan, S.Psi.,MA mengatakan, lokakarya tersebut merupakan langkah awal bagi Ilkom untuk mewujudkan visi sebagai prodi ilkom yang akan concern di bidang komunikasi bisnis berbasis media dan digital.

"Di lokakarya branding desa ini khususnya membahas bagaimana fotografi dikoneksikan dengan media sosial untuk membantu usaha di Balkondes Borobudur," tutur Aftina. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?