Advertorial Daerah

MA Al-Iman Kota Magelang Ajak Siswanya Ziarah Semalam Suntuk

MAGELANG – Madrasah Aliyah (MA) Al-Iman Kota Magelang, Jawa Tengah mempunyai agenda keagamaan yang merupakan program tahunan. Kegiatan tersebut adalah ziarah bersama guru dan siswa ke makam.

“Kita ziarah lingkupnya sekitar Magelang raya. Kami ziarah ke makam para tokoh agama Islam dan pendiri MA Al-Iman. Januari ini ziarah diikuti siswa kelas XII sebanyak 55 siswa dan 15 guru pendamping,” kata Seksi Keagamaan MA Al-Iman, Isawtun Chasanah, M.S.I.

Dijelaskannya, ziarah untuk membangkitkan spirit siswa dalam beribadah. Hal tersebut juga sebagai pembentukan karakter secara spiritual dan akhlak.

“Kalau kita amati ketika pembelajaran dengan ziarah, agamisnya lebih mengena dibandingkan saat di kelas. Kita ke makam tujuannya bukan meminta kepada sosok yang sudah dikubur, nanti jatuhnya syirik. Namun kita berdoa kepada Allah SWT melalui ziarah,” terangnya.

Selain mendoakan almarhum/almarhumah di dalam kubur, ziarah kubur untuk mengingat mati dan akhirat, memotivasi untuk mendapatkan keberkahan.

Ziarah dilaksanakan saat malam sampai pagi, (24 - 25/01/2020). Semalam suntuk siswa dan guru fokus ziarah ke tujuh makam. Guru mengamati, siswa terlihat lebih khusyuk dan bisa mengikuti dengan khidmat, sangat berbeda ketika pembelajaran agama di kelas.

“Kegiatan ini rutinitas setiap tahun, khusus untuk kelas XII. Sedangkan untuk kelas X dan XI ada kegiatan keagamaan yang lain. Salah satunya saat Jumat ada kegiatan keputrian,” imbuhnya.

Ketika siswa laki-laki melaksanakan salat Jumat, pihak sekolah mengadakan keputrian bagi siswa putri. Materi yang diberikan tentang fiqih kewanitaan.

“Guru yang ceramah memberikan materi. Ada siswa yang menjadi pembawa acara dan membawakan kultum. Ini untuk melatih mental siswa untuk berbicara di depan umum, dapat tambahan materi keagamaan. Harapannya siswa bisa memberikan manfaat di masyarakat,” ujarnya.

Waka Kesiswaan, Teguh Susendro, S.Pd menambahkan, ziarah merupakan tambahan siraman rohani bagi siswa. Selain itu juga memberikan ilmu sejarah tentang para tokoh yang berjasa dalam penyebaran agama Islam. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?