Advertorial Daerah

Tapak Suci Diajarkan agar Siswa Memiliki Seni Bela Diri dan Prestasi

MAGELANG – Pencak merupakan seni bela diri asli Indonesia yang terkenal sejak dahulu. Salah satunya dikembangkan perguruan seni bela diri Tapak Suci. Seni pencak ini juga diajarkan di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Magelang, Jawa Tengah. Bahkan telah ditetapkan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler.

Menurut pelatih Tapak Suci, Nurhadi, dengan memiliki keterampilan di bidang seni bela diri diharapkan siswa senantiasa memiliki kemampuan menghindar atau melawan ancaman fisik yang menyerangnya. Bahkan lebih dari itu, kegiatan yang termasuk dalam olahraga ini dapat mengantarkan para siswa dalam meraih prestasi di bidang bela diri.

“Sehingga mereka tidak ketinggalan dalam setiap even berupa kejuaraan-kejuaraan pencak di daerah hingga nasional. Serta berpartisipasi meraih prestasi di berbagai pertandingan olahraga kontak fisik ini,” jelas Nurhadi.

Diakui Nurhadi, untuk lebih mengintensifkan latihan dan mengembangkan seni bela diri ini, pihak sekolah mengundang pelatih Tapak Suci dari luar sekolah.

“Selain lebih intensif, siswa juga lebih giat dalam latihan, terutama dalam menghadapi kejuaraan atau pertandingan-pertandingan, demi prestasi,” akunya.

Seni bela diri Tapak Suci oleh siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur memang terbukti beberapa kali mendulang prestasi. Seperti baru-baru ini dalam kegiatan Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tapak Suci Kabupaten Magelang, Jumat-Ahad tanggal 24-26 Januari 2020.

Dalam Kejurda Tapak Suci Antarpelajar kali ini, Marshanda, siswi Kelas X Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) berhasil meraih Juara 3 di Kelas B. Sedangkan David Supriyanti yang duduk di kelas dan jurusan yang sama dengan Marshanda, berhasil meraih Juara 1 di Kelas E.

Prestasi dalam Tapak Suci ini rupanya menjadi langganan SMK Muhammadiyah 1 Borobudur setiap tahunnya. Baik dalam kejuaraan Tapak Suci maupun pencak silat dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda). Terbukti tahun lalu pun berhasil menjadi Juara 1 Kejurda Kabupaten Magelang di Kelas C dan D Putri.

“Pada Popda tahun 2019 lalu berhasil meraih jura Pencak Silat Kelas C dan D Putri. Masing-masing sebagai runner-up,” ungkap Nurhadi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?