Advertorial Daerah

Ikut Semarakkan Harlah NU ke-94, Siswa MI Sumberarum Tampilkan Drumband

MAGELANG – Madrasah Ibtidaiyah (MI) Walisongo Sumberarum Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah merupakan sekolah dibawah naungan LP Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU). Sekolah ini mengajak siswanya untuk berpatisipasi dalam event tahunan Harlah NU, Minggu (26/1/2020).

“Kami bisa ikut memperkenalkan sekolah MI Sumberarum ke khalayak umum melalui penampilan drumband. Siswa juga bisa ikut meneladani tokoh-tokoh  pendiri NU dan ikut menjaga tradisi ajaran ahlussunah waljama'ah,” kata Kepala MI Walisongo Sumberarum, Nur Muhamad A.M,S.Pd.I.

Ditambahkannya, pihak sekolah sangat bangga dan mengapresiasi atas semangat para siswa yang diberikan kepercayaan oleh MWC (Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama) NU Kecamatan Tempuran untuk menyemarakkan dan mensyiarkan Harlah NU ke-94.

Sebanyak 50 siswa yang terdiri dari kelas 3 sampai 6, tergabung dalam drumband Gema Bintang Wali 9. Para siswa ikut menjadi satu dalam rombongan semua lembaga dan badan otonom (banom) MWC NU se – Kecamatan Tempuran.

“Bagi saya, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk meningkatkan khidmad kepada NU dengan niat ikhlas karena Allah SWT. Siswa sebagai kader muda untuk meneruskan perjuangan para ulama tentang Islam 'ala thoriqoti ahlissunah wal jama'ah yang berwawasan ke-Indonesia-an atau Aswaja Annahdliyyah,” terangnya.

Selain itu, MI Sumberarum juga menanamkan pendidikan religi kepada siswanya melalui pembiasaan pagi sebelum KBM (Kegiatan Belajar Mengajar). Pembiasaan pagi yang dilakukan meliputi shalat dhuha, hafalan asmaul husna, tahfidz surat-surat pendek, hafalan hadist serta serta doa-doa keseharian.

“Selesai KBM kami lakukan shalat dzuhur berjamaah dan kultum oleh siswa. Setiap siswa kultumnya berbeda – beda, ada yang tentang akhlak, ibadah, kewajiban belajar atau menuntut ilmu. Melalui kultum tersebut dapat melatih siswa untuk percaya diri dan melatih keterampilan siswa berbicara di depan umum,” jelasnya.

Setiap bulannya pada setiap Jumat, sekolah juga mempunyai agenda rutintitas diantaranya Jumat sehat dengan kegiatan senam (minggu pertama), Jumat bersih (minggu kedua) dengan kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan sekolah.

Jumat birrul walidain (minggu ketiga) melakukan tahli l bersama. Lalu Jumat Khotmil (minggu keempat) yang berkegiatan membaca Al-Quran dari juz 1 sampai juz 30, khusus kelas 4 sampai 6.

"Misal ada 60 siswa, setiap siswa membaca setengah juz, sehingga akan selesai 30 juz dari 60 siswa tersebut dalam satu pertemuan membaca," tandasnya. (Sied00)

Apa Tanggapan Anda ?