Daerah

2.111 Mahasiswa KKN Undip Diterjunkan di 10 Kabupaten, Jateng

SEMARANG – Selama 45 hari, 2.111 mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang akan menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka yang terdiri dari 1.000 laki-laki dan 1.111 perempuan diterjunkan di 10 wilayah Kabupaten di Jawa Tengah (Jateng). Seperti di Kabupaten Rembang, Jepara, Pati, Grobogan, Semarang, Demak, Tegal, Batang, Pekalongan dan Pemalang.

Rektor Undip, Prof. Yos Johan Utama menyampaikan, peserta KKN untuk selalu menjaga kesehatan diri dan keselamatan pribadi, pastikan untuk menjaga nama baik kampus.

“Jangan mencoreng nama baik yang sudah dibangun. Diharapkan kualitas hasil dari produk KKN merupakan inovasi yang berteknologi tinggi dan berguna bagi masyarakat,” katanya dilansir dari undip.ac.id.

Ketua P2KKN Undip, Fahmi Arifan, S.T., M.Eng menjelaskan, KKNadalah kegiatan akademik yang bersifat kurikuler dan interdisipliner dengan tujuan mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan masyarakat dengan mengutamakan pemberdayaan masyarakat.

“Dan kegiatannya harus sesuai dengan kompentensi lulusan program studi dan pelaksanaanya diatur dengan Keputusan Rektor Undip,” tandasnya.

Kegiatan ini melibatkan 105 Dosen KKN dan 11 orang Dosen Koordinator KKN. Hasil kegitan KKN Tim I ini akan dititik beratkan pada program-program yang berhubungan dengan SDGs (Sustainable Development Goals). Mahasiswa KKN sudah diterjunkan sejak 2 Januari tahun ini.

“Beberapa contoh produk yang telah dihasilkan oleh mahasiswa adalah pengolahan limbah minyak goreng dijadikan produk sabun mandi, pembuatan ecobrick, dan lainnya sesuai dengan SDGs’ goal ke-15,” tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?