Advertorial Daerah

Hadapi Ujian Nasional, Mental Siswa Digembleng

MAGELANG – Mental down terkadang dialami para siswa ketika menghadapi Ujian Nasional (UN). Sehingga perlu dimotivasi agar siap mental dan fokus belajar. Siswa harus benar-benar siap menghadapi UN tahun ini.

Motivasi kepada mereka bisa dilakukan orang tua di rumah atau secara berkelompok di sekolah. Hal ini seperti yang dilakukan SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah dengan mengundang motivator, Sabtu (11/1/2020).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Nunik Listiyaningrum mengatakan kegiatan bertajuk “Motivasi Training” itu diikuti 125 siswa kelas XII dari 6 jurusan dengan menghadirkan dua motivator dari Global Learning Center Yogyakarta.

"Mereka diharapkan tumbuh semangat belajar yang tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga mengarahkan siswa dalam menentukan ke mana mereka setelah lulus dari sekolah ini,“ jelasnya.

Nunik berharap para siswa tidak drop atau down semangat belajarnya. Ia menyadari tidak semua siswa mendapat motivasi secara penuh dari keluarganya, terutama dari orang tua mereka.

“Sehingga pihak sekolah mengambil langkah dengan kegiatan penggemblengan mental ini,“ ungkapnya.

Salah satu motivator, Yudhi Widiokusumo menandaskan, karakter memiliki peran penting bagi seseorang dalam bersosialisasi, di mana pun. Terlebih ketika melamar pekerjaan di suatu instansi atau perusahaan.

“Jadi setiap pribadi harus memiliki karakter yang bagus. Kedepankan karakter di mana pun kita berada,“ tandasnya.

Para siswa kelas XII tampak antusias mengikuti kegiatan di aula SMK Muhammadiyah tersebut. Mereka banyak mendapatkan motivasi dalam menghadapi UN serta kiat-kiat dalam melamar pekerjaan. Mulai mencari lowongan kerja, membuat lamaran, hingga mengikuti tes interview pada suatu instansi atau perusahaan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?