Seorang dokter tengah memeriksan kesehatan siswa. l foto : siedoo.com

Advertorial Daerah

Jumat Sehat, UKS TK Asy-Syaffa 2 Kota Magelang Periksa Kesehatan Siswa


MAGELANG - Program Jumat Sehat Taman Kanak-Kanak (TK) Asy-Syaffa 2 Kota Magelang, Jawa Tengah menjadi agenda rutin setiap bulan sekali. Dalam kegiatan yang dilangsungkan Unit Kesehatan Siswa (UKS) sekolah tersebut untuk mendeteksi dini gangguan kesehatan pada siswa. Pada Jumat (10/1/2020), pemeriksaan diutamakan pada kesehatan mulut, telinga, kebersihan gigi dan berat badan serta tinggi badan siswa.

"Program ini untuk memeriksa kesehatan siswa secara rutin," kata kepala TK, Siti Banatun Nafiah, S.Pd di sela pemeriksaan.

Manfaat pemeriksaan kesehatan ini untuk mencegah penyakit yang bersifat menular. Melalui pemeriksaan ini, orang tua diharapkan mampu menindaklanjuti laporan kesehatan dari pihak sekolah.

"Setelah pemeriksaan selesai hasilnya akan dilaporkan ke orang tua, jadi orang tua tau kondisi kesehatan anaknya. Nanti kita juga memberi rekomendasi untuk memeriksakan lebih lanjut kesehatan anak," tandasnya

Dijelaskannya, hasil pemeriksaan akan selalu diberikan kepada orang tua murid sebagai bentuk perhatian pihak sekolah pada kesehata  siswa. Program ini juga dianggap membantu orang tua untuk memantau kesehatan anak.

"Dokter yang bertugas memeriksa didatangkan dari salah satu dokter swasta di Magelang. Dokter yang betugas telah memiliki MoU dengan pihak sekolah untuk memperlancar program," urainya

Dr. Susilowati E.P selaku dokter yang bertugas menjelaskan, memelihara badan dan terutama gigi itu harus dibiasakan sejak dini. Karena jika tidak efeknya nanti sewaktu sudah besar.

Menurutnya, beberapa kasus terdapat pada siswa yang bermasalah pada pertumbuhan gigi yang muncul sebelum gigi yang lama lepas. Termasuk, masalah di telinga yang kurang dibersihkan sehingga menghambat proses belajar siswa.

Baginya program UKS ini dianggap sangat membantu memelihara kesehatan siswa. Apalagi bagi siswa yang orang tuanya tidak faham dengan kesehatan secara penuh. Dengan program orang tua mampu mengetahui kondisi kesehatan anaknya.

Selain dokter yang bertugas, para guru juga sudah mendapatkan pembekalan berupa penyuluhan kesehatan dari pemerintah untuk mengetahui kesehatan siswa. Program ini pun menjadi tindak lanjut dari program penyuluhan dari pemerintah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?