Anak - anak TK Pertiwi Kota Magelang dalam kegiatan Home Schooling, di salah satu rumah wali murid | foto : Fauzi Bayu Sejati | Siedoo

Advertorial Daerah

Home Schooling Menjadi Salah Satu Pembelajaran Anak Didik TK Pertiwi


MAGELANG  - Taman Kanak – Kanak (TK) Pertiwi Kota Magelang, Jawa Tengah melaksanakan program Home Schooling, Jumat (13/12/2019). Hal tersebut merupakan salah satu kegiatan rutin menjelang akhir semester.

“Jadi semua peserta didik TK Pertiwi, semua belajarnya di luar kelas. Ada salah satu wali murid yang bersedia untuk menerima anak – anak belajar bersama di rumahnya,” kata salah satu guru TK Pertiwi, Endang Sukartini, S.Pd.

Dijelaskannya, kegiatan tersebut untuk refreshing, mengenal lingkungan dan anak silaturahmi ke rumah temannya. Lokasi untuk home schooling tersebar di beberapa daerah, menyesuaikan dari kesanggupan beberapa wali murid sesuai kelompok masing – masing. Secara garis besarnya anak – anak pindah tempat belajar, biasanya di sekolah, tapi kali ini belajar di rumah temannya.

“Kita lakukan praktik mewarnai, membuat membuat kipas dan mengoles roti. Sehingga nanti anak – anak ketika pulang membawa hasil,” ujarnya.

Ditambahkannya, anak millenial zaman sekarang diberi kebebasan untuk menyampaikan pendapat dan ide untuk berkreasi. Tentunya masih dalam pantauan dan bimbingan guru.

“Penalarannya anak – anak bisa langsung diungkapkan, sudah bisa mendeskripsikan,” imbuhnya.

Salah satu wali murid yang menjadi tuan rumah home schooling, Bina Yulianti, S.E mengatakan, kegiatan semacam ini cukup bagus. Anak – anak tidak melulu belajar di kelas, bisa belajar di luar lingkungan sekolah untuk membuang kejenuhan.

“Sekolah harus lebih kreatif lagi untuk kegiatan seperti home schooling ini. Jadi anak – anak lebih bersemangat lagi dalam belajar,” tuturnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?