Advertorial Daerah

Wadahi Kreatifitas Seni Siswa, SMK Ma'arif Kota Magelang Gelar Wahana Kreasi Siswa

MAGELANG  - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif Kota Magelang, Jawa Tengah, mewadahi kreatifitas seni siswanya. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Wahana Kreasi Siswa belakangan ini.

“Istilahnya kegiatan ini mengapresiasi bakat para siswa. Jadi ada unsur kesenian gerak tari dan suara, mereka bisa mengekspresikan bakat mereka,” kata Waka Kesiswaan SMK Ma’arif Magelang, Eka Veranika Arte, S.Pd.

Kegiatan tersebut diikuti semua siswa dan setiap kelas ada perwakilan untuk menampilkan seni. Selain seni tarik suara, siswa cenderung menampilkan seni tari tradisional seperti, tari Gedruk, Barongan, Garongan, Soreng, Asmaradana dan Bujang Ganong.

“Semua kelas dari semua jurusan ikut  tampil, kecuali siswa yang masih dalam kegiatan prakerin (praktek kerja Industri). Alhamdulillah para siswa sangat antusias dan membawa kostum sendiri dan dan sangat ramai ada total tujuh belas penampilan,” imbuhnya.

Pihak sekolah mengharapkan, siswa mampu mengembangkan seni tari tradisional yang bakatnya bisa ditonton oleh masyarakat banyak.

Salah satu siswa yang ikut tampil Sutopo mengatakan, dirinya menampilkan tari Bujang Ganong yang berasal dari Jawa Timur. Pengetahuan tentang tarian tersebut, diperolehnya dengan belajar sendiri dari YouTube. Sebelumnya, dirinya juga sering menampilkan tari Jathilan di masyarakat umum.

“Semoga adik kelas penerus bisa melanjutkan dan untuk sekolah bisa lebih memfasilitasi untuk bidang seni tari. Hal seperti ini  kan  budaya Jawa dari para sesepuh, kita harus mengakui dan melestarikan,” kata siswa kelas 12 jurusan Teknik Sepeda Motor tersebut.

Hal senada juga dilontarkan siswa lain yang ikut tampil, Vina Nuraini dan Eka Ayu Lestari jurusan AKL (Akuntansi Keungan Lembaga) kelas 11.  Keduanya menampilkan seni tari Topeng Ireng dan sudah sering tampil di berbagai daerah. Berharap untuk kedepannya, kegiatan seperti ini bisa diadakan terus.  Pihak sekolah diharapkan untuk bisa lebih men­-supporti kreatifitas siswa dalam hal seni. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?