Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Magelang melaksanakan lomba futsal di lapangan sekolah
Advertorial Daerah

Keterampilan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Magelang Diasah Lewat Class Meeting

MAGELANG - Jelang penerimaan rapor hasil ujian semester, SMK Muhammadiyah 1 Kota Magelang, Jawa Tengah mengisi waktu jeda atau class meeting dengan berbagai kegiatan dan perlombaan antarkelas.

Wakil Kepala (Waka) Bidang Kesiswaan, Widodo mengatakan, class meeting digelar karena siswa sebelumnya telah merampungkan ujian semester. Saat ini hasil ujian siswa sedang dilakukan pengoreksian.

"Ya memang ini program waka kesiswaan, karena bapak ibu guru sedang mengolah nilai. Kemudian untuk mengisi itu, anak bisa menambah keterampilan dengan kegiatan dan perlombaan," kata dia, Jumat (6/12/2019).

Kegiatan yang digelar Jumat sampai Senin ini dipanitiai Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Sebagai pesertanya adalah siswa kelas X, XI, dan XII.

"Class meeting ini murni kami fasilitasi, dan kami programkan. Ada lomba futsal, voli, dan perlombaan hiburan, seperti egrang. Selain itu juga ada lomba videografi untuk melatih kreativitas anak," imbuhnya.

Dijelaskan, gelaran itu tidak hanya untuk mengisi kekosongan. Tetapi, untuk melatih keterampilan dan kreativitas anak, serta menjalin silaturahmi antar siswa.

"Sekarang ini ada lomba videografi, itu kan sering dilombakan ya, meskipun di sekolah juga diajarkan tapi dengan ikut perlombaan bisa jadi evaluasi, sebelum nanti ikut perlombaan di tingkat Jawa Tengah ataupun Nasional. Jadi, harapannya keterampilan dan kreativitasnya bisa terasah dari situ," terangnya.

Widodo juga mengakui, dengan adanya kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi dan menjalin persaudaraan antar siswa.

"Kegiatan ini juga untuk menambah keakraban dan silaturahmi antarsiswa, karena kalau hari-hari biasa, kalau olahraga juga sendiri-sendiri. Tapi, dalam forum class meeting ini jadi ada kebersamaan," imbuhnya.

Salah satu siswa yang juga pengurus IPM, Rohman mengaku, pihak sekolah memberikan ruang untuk berkarya dengan mengikuti perlombaan dan mengelola kegiatan.

"Saya senang ada kegiatan ini, teman-teman juga cukup antusias. Apalagi ada banyak perlombaan yang diadakan," ujarnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?