SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Magelang berkesempatan mengikuti pameran di Jakarta. l foto : ist

Nasional

Ini Dia Sekolah Peraih Omzet Tertinggi Kelas Kewirausahaan


JAKARTA - SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mendapatkan peringkat pertama peraih omzet tertinggi nasional Kelas Kewirausahaan, belakangan ini. Dengan prestasinya tersebut, sekolah mendapat penghargaan dan kesempatan untuk mengikuti pameran yang diselenggarakan Kemedikbud di Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Terdapat empat pengembangan kegiatan, diantaranya Kamp Kreatif SMK Indonesia (KSSI), Teaching Factory, Program Kewirausahaan, dan Program pembelajaran Berbasis Industri 4.0.

Dari keempat kategori itu, hanya juara 1 yang diundang untuk tampil di pameran, terutama SMK Muhammadiyah 2 Muntilan dengan kategori Kelas Kewirausahannya. Konsep Kewirausahaan yang diusung adalah angkringan milenial dengan omzet Rp 214.000.000 per tiga bulan.

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan juga dinobatkan menjadi sekolah percontohan SMK Pencetak Wirausaha, dan diminta 1 siswa untuk tampil di Aula Kemdikbud untuk meraih penghargaan.

Riski adalah siswa yang menjalankan bisnis angkringan tersebut. Setelah mengikuti kelas kewirausahaan di sekolah, dia memiliki ilmu baru dalam berbisnis.

"Saya jadi tahu bagaimana cara menjalankan bisnis, bagaimana cara mempromosikan, dan lain sebagainya," terangnya.

Kepala SMK Muhammadiyah 2 Muntilan, Untung Supriyadi mengatakan, sekolah akan terus berinovasi dalam mencetak siswa yang handal dalam berwirausaha. "Lulusan tidak hanya terampil dalam pembelajaran tetapi memiliki jiwa wirausaha,"akunya.

Direktur Pembinaan SMK Kemendikbud, Bakrun mengatakan, dari penyelenggaraan kegiatan ini, peserta mendapatkan best practice dari SMK yang menghadirkan karyanya. "Pameran ini tidak hanya sekedar pameran, sekolah bisa saling belajar dengan cara melihat apa yang ada di sekolah lain," kata Bakrun. (Sideoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ads Samanata