Advertorial Daerah

Prestasi Guru TK IT Asy Syaffa 1 Menggembirakan, Sabet Enam Piala

MAGELA NG  - Tiga guru Taman Kanak – kanak (TK) IT (Islam Terpadu) Asy Syaffa 1 Kota Magelang, Jawa Tengah berhasil memperoleh prestasi tingkat Kedu hingga tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pada November dan Desember telah meraih enam piala yang diperoleh Indayani, S.Pd, Rofiah, dan Soemijati.

“Lomba tingkat Kedu tentang inovasi pembelajaran (inobel) dapat juara 1. Yang diangkat tentang metode hafalan/tahfid menggunakan ular tangga Iman Taqwaku Asik. Kemudian maju tingkat provinsi di LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Jawa Tengah, Semarang dan mendapat juara 1,” kata Waka Kesiswaan TK IT Asy Syaffa 1 Kota Magelang, Indayani, S.Pd.

Berkelanjutan mengikuti perlombaan inovasi pembelajaran tingkat Kota Magelang, dirinya mendapat juara 2 mengangkat tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui ular tangga karakter, Selasa (3/12/2019).

Dijelaskannya, menurut Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017, penguatan pendidikan karakter sebenarnya dibawah tanggung jawab pendidikan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. Semuanya akan selaras untuk mewujudkan generasi yang berakhlak mulia.

“Penguatan pendidikan karakter itu hubungannya dengan olah rasa, pikir dan hati yang nantinya itu bersinergi semuanya. Jadi ada kaya gerakan revolusi mental, makanya kita bikin bagaimana caranya membuat pembiasaan krakter melalui permainan,” ujarnya.

Menurutnya, mind set belajar sambil bermain sudah tidak terpakai lagi, harusnya belajar melalui bermain. Memang kegiatan di TK itu sebuah permainan, bukan sambil untuk bermain.

“Kita bikin yang namanya pembiasan karakter melalui permainan Ular Tangga Karakter. Jadi ada sepuluh pembiasaan yang kita terapkan diantaranya, ucap salam, ucap permisi, ucap maaf, minta izin melakukan sesuatu, sabar, gemar bersedekah, empati atau mau menolong, adab makan dan minum, berbicara sopan santun dan ucap terima kasih,” tuturnya.

Penerapan dari sepuluh pembiasaan tersebut dengan memberikan penjelasan kepada anak, lalu dipraktekan sebagai contoh melalui sosial drama. Keteladanan dari pendidik juga perlu diperlihatkan kepada anak – anak agar lebih memahami.

Dirinya mengaku akan segera membuat lisensi metode Utiku (Ular Tangga Iman dan Taqwaku) asik. Hal tersebut merupakan saran dari pihak provinsi.

Guru TK IT Asy Syaffa 1 Magelang, Rofiah menambahkan, dirinya mendapat juara 1 tingkat Kedu tentang bercerita kisah nabi dan mendapat peringkat empat tingkat Provinsi Jawa Tengah. Pada tingkat Kota Magelang, mendapat juara 1 inobel bercerita tanpa alat tentang menjaga kebersihan.

Alasan Rofiah mengangkat hal kebersihan, karena anak – anak cenderung tidak mudah ketika disuruh mandi untuk menjaga kebersihan badan. Melalui hasil karya ceritanya sendiri dan disampaikan kepada anak, bertujuan untuk memotivasi anak untuk menjaga kebersihan badannnya.

Sedangkan guru lain, Soemijati mendapat juara 2 mendongeng tingkat Kota Magelang. Dan salah satu anak didiknya di kelas Play Group mendapat juara 1 fashion show tingkat Kota Magelang, diraih Innara Nada Dianda bersama ibunya Diah Rina Susanti. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?