Advertorial Daerah

TK Asy Syaffa 3 Kota Magelang Tanamkan Cinta Buku Sejak Dini, Kunjungi Perpustakaan

MAGELANG – Taman Kanak - kanak (TK) Asy Syaffa 3 Kota Magelang, Jawa Tengah melakukan kunjungan edukasi ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) kota setempat, Rabu (4/12/2019). Hal ini guna memberikan stimulus membaca buku sejak dini.

“Salah satu kegiatan kami, kunjungan edukasi di akhir semester ini. Kita ajak anak – anak yang usia satu sampai tiga setengah tahun, sehingga pembiasaan dari sekolah agar mereka mencintai buku lebih terangsang,” kata Kepala TK  Asy-Asyaffa 3, Dwi Indriani, S.Pt.

Meskipun pada anak usia dini masih terbilang asing dengan buku, namun hal tersebut agar anak – anak merasa asik dan nyaman ketika dalam suasana yang menyenangkan.

Kegiatan outing class tersebut selalu diadakan satu bulan satu kali. Kali ini pihak sekolah lebih memperkenalkan anak tentang menumbuhkan rasa cinta terhadap buku, baik hanya melihat simbol atau gambar di buku.

Kepala Seksi Pengolahan, Layanan dan Pelestarian Bahan Pustaka Disperpusip, Leny A. Mesah, S.S.T.P menyampaikan, anak – anak usia dini bisa dibentuk untuk mengenal perpustakaan dan mencintai buku dalam artian akan senang untuk membaca.

“Kalau dari kecil mereka sudah melihat buku lalu merasa senang, walaupun baru melihat gambar tapi intinya untuk mengembangkan niat baca,” imbuhnya.

Selain itu, agar anak – anak tidak merasa bosan, pihak Disperpusip Kota Magelang memberikan fasilitas tempat bermain.

“Dari perpustakaan sendiri terdapat undang – undang yang kaitannya dengan rekreasi. Jadi ke perpustakaan itu tidak hanya sekedar untuk membaca, tapi juga rekreasi untuk anak – anak. Kalau tidak seperti itu, apalagi orang tuanya sibuk dan tidak mengajak ke perpustakaan, mereka nanti tahunya hanya mall atau tempat wisata lainnya,” terangnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?