Advertorial Daerah

TK Pertiwi Tanamkan Jiwa Nasionalisme Sejak Dini

MAGELANG  - Taman Kanak – kanak (TK) Pertiwi Kota Magelang, Jawa Tengah menanamkan jiwa nasionalisme kepada anak didiknya. Upaya tersebut diwujudkan dalam rangkaian acara peringatan hari Pahlawan dengan mengunjungi Museum Abdul Djalil, Kamis (28/11/2019).

“Tujuannya menanamkan rasa nasionalisme, patriotisme kepada anak sejak dini, menghargai pahlawan dan mengenalkan benda – benda bersejarah di museum, sehingga menambah wawasan anak dan peluasan komunikasinya anak kepada orang lain,” kata Kepala TK Pertiwi Kota Magelang, Suparni, S.Pd.

Kegiatan diikuti 195 anak yang didampingi 17 guru dan ditambah dua orang dari siswa untuk membantu pendampingan. Mereka dikenalkan seragam militer, senjata, foto – foto pahlawan, tokoh militer dan taruna yang mempunyai catatan prestasi dari tahun ke tahun.

Ditambahkan, harapan dengan adanya kegiatan tersebut, mereka bisa terinspirasi untuk menjadi anak yang bisa menyumbangkan darma baktinya kepada negara. Mereka cukup antusias dan senang ketika mengikuti kegiatan dan menyimak hal yang disampaikan dari pemandu di museum.

Kegiatan yang merupakan pembelajaran di luar kelas (outing class) tersebut, menjadi salah satu bagian rangkaian kegiatan yang dilaksanakan tiap tahun.

“Kita program berkunjung ke museum itu tiap tahun, tidak hanya di Museum Abdul Djalil saja namun bergantian seperti ke Museum Dipenogoro atau Museum Sudirman. Jadi tiap tahun itu berganti,” tandasnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan cindera mata kepada kepala museum sebagai kenang – kenangan dan wujud terima kasih atas edukasi sejarah yang diberikan kepada anak – anak. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?