Siswa-siswi SMK Muhammadiyah Kota Magelang berkompetisi dalam bidang akuntansi di UII. I foto : ist

Advertorial Daerah

Adventure Business Simulation Game Competition, Raih Juara II


MAGELANG - Menjelang akhir semester gasal, SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Jawa Tengah melaju ke babak final ajang UII Business & Accounting Competition (BAC) di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Kegiatan yang diinisiasi Program Studi Akuntansi ini berlangsung 19 – 21 November 2019.

Di ajang kompetisi berskala nasional tersebut ada lima macam mata lomba. Yaitu, Business Vlog Competition (BVC), Business Plan Competition (BPC), Business Simulation Game Competition, Mobile Photo Contest, Adventure Business Simulation Game Competition.

Chandra Yulia sebagai koordinator lomba mengatakan, perlombaan dimulai dengan seleksi secara online. Pengumuman masuk 10 besar dilaksanakan melalui media sosial Instagram.

"Kami berhasil meloloskan semua peserta menuju babak selanjutnya dan diharuskan datang ke kampus UII dan presentasi," tandasnya.

Kompetisi tersebut untuk mengenalkan tentang Akuntansi kepada pelajar tingkat menengah atas terkait Program Studi Akuntansi UII pada khususnya. Serangkaian kegiatan perlombaan yang dikemas dengan pengenalan kampus UII juga talk show kewirausahaan.

Dalam kesempatan ini SMK Muhammadiyah Kota Magelang berhasil membawa pulang medali dan tropi kejuaraan. Dalam cabang Business Plan Competition berhasil meraih juara II dan juara II Adventure Business Simulation Game Competition.

“Kami membawa produk yang kami beri nama Alove Lotion atau lotion lidah buaya yang merupakan lotion kulit dengan berbagai keunggulan seperti mencegah penuaan dini, melembutkan kulit dan melembabkan kulit. Presentasi yang kami gunakan dengan memakai Business Model Canvas (BMC) sehingga bisnis kami memang sangat real dan sangat berpeluang untuk dilakukan," kata Ani Septiani peserta business plan jurusan Bisnis Daring Pemasaran.

Dalam cabang lomba lain Adventure Business Simulation Game Competition juga mampu menduduki juara II. Mereka mengikuti business Simulation Game Competition melalui berbagai tahapan yaitu tahapan penyisihan dengan 2 tim kami melawan sekolah lain.

"Dan kedua tim melaju ke semi final di fakultas ekonomi UII mulai tanggal 19 – 20 November 2019 ini dengan 30 tim dari sekolah lain. Sebenarnya kami gagal masuk 10 besar Business Simulation Game Competition. Namun bagi tim yang tidak lolos berkesempatan mengikuti Adventure Game dan kami juara II”, ujar Setyo Widodo peserta simulasi game jurusan Mutimedia.

Kepala SMK Muhammadiyah Kota Magelang, Atiningsih S.Pd menyambut baik prestasi yang telah diraih tersebut.

“Tentu kami merasa bangga atas capaian anak-anak yang didukung oleh guru pembimbing. Ucapan terima kasih kami telah mengharumkan nama SMK Muhammadiyah Kota Magelang. Harapannya prestasi ini bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan pada kompetisi selanjutnya. Untuk tim yang belum berhasil kami juga bangga kalian sudah berusaha dan masuk final. Jangan lupa terus berusaha,” tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?