Nadiem Makarim. I foto : Billy H.C. Kwok | Bloomberg | Getty

Nasional

Mendikbud Bicara Soal Pendidikan Karakter dan Kemampuan Adaptasi Anak

Iklan SMA Mutual

JAKARTA - Setiap orang tua harus dapat membekali anak-anaknya dengan kemampuan adaptasi yang mumpuni sejak dini. Perubahan dunia saat ini terjadi begitu cepat. Sehingga, manusia juga dituntut untuk dapat beradaptasi dengan lebih cepat.

Hal tersebut ditandaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim.

"Jika tidak ingin ketinggalan jauh di belakang, bekali pendidikan karakter dan kemampuan adaptasi anak sejak dini," katanya.

Menurut Mendikbud, sebagian karakter itu telah ada dan hendaknya terus ditumbuhkan, seperti semangat gotong-royong dan semangat toleransi, yakni menghargai segala perbedaan.

"Di sinilah peran penting PAUD terutama Bunda PAUD yang mengemban tugas mulia, dengan segenap kemampuan dasar yang diperlukan dalam membentuk karakter anak sejak usia dini," jelasnya.

Ia menegaskan, konsep bermain dan belajar dalam pendidikan anak usia dini menjadi sangat penting. Bahwa dalam PAUD seorang anak bukan dituntut untuk cepat membaca atau menghitung, melainkan lebih pada membiasakan bersikap dengan baik, bersosialisasi dan berdaptasi dengan lingkungan sekitar.

"Di PAUD kita menumbuhkan kesenangan anak untuk berpartisipasi dalam aktivitas sekolah bermain dan dia mengetahui bagaimana harus bersikap. Itulah yang terpenting, karena pada saat dia SD nanti di situlah dia baru mulai belajar yang sifatnya kognitif," terangnya.

"Jadi kalau kita sudah benarkan karakter sejak usia dini, belajar di sekolah nantinya jadi lebih mudah. Ini koneksi yang harus kita sebarkan," imbuhnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?