Advertorial Tokoh

Petikan Pengalaman Surya Pamungkas Usai Kemah Rohis se-Jateng


Siedoo, SMK Muhammadiyah Kota Magelang ikut serta dalam Kemah Rohis se-Jateng di kompleks Masjid Agung Jawa Tengah, 6 – 8 November lalu. Siswa yang dikirim dalam kegiatan yang digelar Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) provinsi setempat tersebut Surya Pamungkas, siswa kelas XI jurusan Farmasi.

“Banyak pengalaman yang didapat dari sana. Mulai dari kegamaan, sosial, persatuan, kebersamaan, keanekaragaman dan lain sebagainya,” kata Surya yang juga pengurus PR IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah) sekolah.

Diakui, dalam kemah yang mengangkat tema “Merajut Kebersamaan Dalam Kebhinekaan Menuju Generasi Milenial yang Literat dan Moderat” itu dirasa mampu memberikan banyak pengalaman yang siap untuk diterapkan dalam membawa organisasi sekolah lebih berkemajuan.

“Mengadaptasi dari materi kegiatan, setiap kita adalah pemimpin dan kita kini menjadi pemimpin untuk teman-teman kita di sekolah,” akunya.

Dijelaskan, banyak yang harus dipersiapkan dalam memimpin teman sebaya. Di mana saat ini hidup di zaman yang serba digital yang disebut era milenial.

“Maka, dari itu harus mampu masuk dan melihat hal-hal yang menarik untuk cerdas dalam memanfaatkan teknologi sebagai bekal meraih masa depan,” ujarnya.

setelah mendapatkan materi Kiat Sukses Berorganisasi dan Menjadi Leader di Era Milenial yang disampaikan Walikota Semarang, H. Hendrar Prihadi, S.E., M.M.

Selama mengikuti kegiatan di sana, berbagai acara digelar mulai dari pembangunan karakter dan pembiasaan, diantaranya sholat tahajud, hajat, witir, dan dzikir pagi, senam pagi, sholat dhuha, manasik haji dan tabligh akbar.

Kegiatan tingkat provinisi tersebut diikuti perwakilan pengurus Rohis SMA/SMK se-Jawa Tengah. Dari Kota Magelang dikirim perwakilan dari SMK Yudya Karya, SMA N 1 Kota Magelang, SMA N 4 Kota Magelang, SMK N 1 Kota Magelang dan tentunya SMK Muhammadiyah Kota Magelang.

“Hal yang mengasyikkan sekaligus menajdi motivasi bagi saya adalah bisa bertemu dengan bapak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Setelah bertemu saya menjadi yakin untuk bisa membangun manajemen organisasi di sekolah dengan baik. Sehingga mampu memotivasi yang lain untuk berorganisasi pula, karena saya merasakan manfaat organisasi yang begitu positif untuk membangun karakter dan kita,” ungkap Surya setelah bertemu gubernur.

Harapannya kedepan Kota Magelang juga dapat mengadakan kegiatan serupa yang pesertanya adalah pengurus Rohis di seluruh SMA/SMK, baik negeri maupun swasta.

“Sehingga mampu menjalin komunikasi dan bertukar ide untuk kemajuan organisasi siswa mengingat banyak tantangan yang dihadapi pelajar masa kini,” tambah Surya. (*)

Apa Tanggapan Anda ?