Seminar motivasi di GKB Kampus Unissula Semarang. I foto : ist

Daerah

Usung Konsep Pendidikan KH Hasyim Asyari, Adab Lebih Penting dari Ilmu


SEMARANG - Generasi milenial saat ini merupakan generasi yang lekat dengan media sosial termasuk dalam proses perkuliahan. Tetapi, saat ini banyak mahasiswa yang kurang mengerti adab dalam berkomunikasi atau dalam bersikap baik kepada sesama mahasiswa maupun kepada guru atau dosen.

Karena itu, baru-baru ini, HMJ Syariah Fakultas Agama Islam menyelenggarakan Seminar Motivasi dengan tema “Mengupas Konsep Pendidikan KH Hasyim Asyari dalam Menyongsong Semangat Generasi Milenial” di GKB Kampus Unissula.

Sebagai narasumbernya, Dosen FKIP Unissula, Meilan Arsanti, M. Pd yang dikenal dekat dengan mahasiswa. Gaya mengajar yang milenial dan kekinian menjadi ciri khas dosen tersebut sehingga digemari mereka.

Dalam seminar motivasi tersebut, Meilan mengupas konsep pendidikan KH Hasyim Asyari. Menurutnya ada 12 pesan KH Hasyim Asyari kepada generasi milenial yang berkaitan dengan adab.

“Saya miris dengan kondisi mahasiswa milenial yang kurang begitu mengerti adab. Adab itu lebih penting daripada ilmu. Karena orang beradab akan lebih mengerti ilmu, tetapi orang berilmu belum tentu beradab,” jelas Meilan.

Meskipun ke-12 pesan tersebut bersumber dari Kitab Adab al-Alim wa al-Muta’alim, tetapi disampaikan dengan gaya kekinian sehingga mudah ditangkap peserta seminar yang mayoritas mahasiswa milenial.

Peserta pun antusias mengikuti seminar motivasi tersebut. Terbukti pada sesi diskusi banyak mahasiswa yang ingin bertanya kepada narasumber.

“Saya senang sekali mengikuti seminar motivasi ini karena Ibu Meilan menyampaikan materi dengan gaya yang kekinian. Sehingga seperti sedang curhat kepada dosen bukan seperti kebanyakan seminar yang membosankan. Saya pun menjadi tahu bagaimana tentang adab mahasiswa kepada dosen,” tutur salah satu peserta seminar. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?