Ketua Tim Pengabdian, Meilan Arsanti, M. Pd. memberikan materi menulis artikel ilmiah kepada para guru kelas SD, baru-baru ini. l foto : ist

Daerah

Guru SD Diajak Menulis Artikel di Jurnal Ilmiah Online


SEMARANG - Sekitar 30 guru kelas dari berbagai SD di Dabin 4 Kota Semarang Tengah mengikuti workshop Pengembangan Keterampilan Menulis Artikel di Jurnal Ilmiah Online untuk Peningkatan Profesionalisme Guru Mapel Bahasa Indonesia SD, belakangan ini.

Workshop tersebut digelar Tim Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Islam Sultan Agung (Unissula). Hal itu dilakukan sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dalam kesempatan ini, peserta mengaku tidak tahu cara menulis artikel ilmiah dan tidak tahu cara mempublikasikannya di jurnal-jurnal ilmiah online.

“Selain untuk menambah ilmu, saya juga bisa menulis artikel dan dapat digunakan untuk kenaikan pangkat,” tutur salah satu peserta.

Mereka pun meminta pendampingan untuk penulisan bahan ajar dan pengembangan media pembelajaran. Tentu saja hal ini disambut baik oleh dosen PBSI untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat selanjutnya.

Melalui kegiatan tersebut Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat, Meilan Arsanti, M. Pd. memberikan materi tentang cara menulis artikel dari mulai mencari ide sampai dengan proses editing.

Selain itu, para peserta juga diajarkan cara mempublikasikan artikel yang ditulis di jurnal-jurnal ilmiah online. Sebagai bentuk tindak lanjut workshop tersebut, Meilan Arsanti juga mengajak para guru SD untuk mempublikasikan artikel yang ditulis di Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Sultan Agung.

“Selain menggelar workshop penulisan artikel di jurnal ilmiah, kami juga akan menggelar workshop penulisan bahan ajar dan pengembangan media pembelajaran untuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat selanjutnya,” kata Meilan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?