Advertorial Daerah

Siswa SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan Helat Big Event Starlight Seven

MAGELANG – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Ihsanul Fikri Pabelan, Magelang, Jawa Tengah, mengadakan Startlight Seven dengan tema Pemuda Nusantara Lestarikan Budaya. Kegiatan ini merupakan big event ke-tujuh kalinya yang diadakan tiap tahun dan dikelola oleh siswa, dilaksanakan selama tiga hari terbuka untuk umum, Jumat - Minggu (25-27/10/2019).

“Ini sebenarnya event akhir tahun pengurus OSIS, tapi karena merupakan acara besar, panitianya tidak hanya dari OSIS. Jadi dari kelima organisasi di SMP IT Ihsanul Fikri ini, semuanya ikut andil menjadi panitia,” kata Ketua Panitia Starlight Seven, Taza Muhammad Iqbal.

Diuraikan, kegiatan tersebut dalam rangka persembahan terakhir dari siswa yang menjadi pengurus OSIS di akhir masa kepengurusannya. Dikarenakan kekurangan jumah tenaga dari pengurus OSIS, maka meminta bantuan dari organisasi yang lain. Kelima organisasi tersebut diantaranya, OSIS, Rohani Islam (Rohis), Jurnalistik, Kepramukaan, PMR (Palang Merah Remaja).

“Untuk tahun ini sebenarnya acaranya dua hari, tapi dari acara bookfair yang masuk agenda kami, mulainya Jumat (25/10/2019),” ujarnya.

Pada Sabtu, (26/10/2019) diadakan perlombaan seni, akademik dan olahraga untuk jenjang SD dan SMP se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Lomba seni meliputi kaligrafi, membuat poster, macapat, fotografi, short movie dan cipta baca puisi. Lomba akademik diantaranya lomba cerdas cermat, membaca tulis Al-Quran dan hafalan Al-Quran, sedangkan untuk olahraga berisi futsal dan memanah.

“Peserta SMP hanya untuk lomba short movie, fotografi, kaligrafi dan Nasyid, yang lainnya untuk SD. Peserta yang datang sekitar seratus tiga puluh dari semua lomba,” imbuhnya.

Siswa sepenuhnya mengelola acara yang ditaksir menghabiskan dana ratusan juta tersebut. Dana didapat dari sponsor, donatur dan tiket. Selain itu, terdapat barisan stand kuliner yang didirikan untuk menambah kemeriahan acara. Siswa dalam mengelola kegiatan tetap dalam pengarahan dari guru.

Diadakan kegiatan Talkshow pada Minggu, (27/10/2019) dengan mengundang dua pemateri diantaranya Rio Tri Handoko sebagai motivator, dan Nasirun Purwokartun yang dikenal sebagai komikus dan penulis buku.

Pada kesempatan itu, digelar hiburan dengan penampilan grup nasyid siswa SMP IT Ihsanul Fikri dan grup nasyid Ruhul Jadid (Jakarta) sebagai bintang tamu. Pada akhir kegiatan, ditutup dengan penampilan pentas sebagai persembahan dari panitia.

Diadakannya acara dengan tema kebudayaan tersebut, peserta dari internal atau eksternal bisa berkontribusi penuh dalam melestarikan budaya bangsa. Sehingga bisa tetap lestari dan tidak tergantikan oleh budaya asing.

Kepala SMP IT Ihsanul Fikri Pabelan Drs. Hanifudin Zuhri menyampaikan, satu hal yang luar biasa acara dengan angka ratusan juta tersebut, murni ditangani anak – anak kelas IX.

“Itu semuanya murni anak – anak yang mencari sponsor, termasuk panggung yang dua puluh juta itu anak – anak. Mungkin ini tidak terjadi di SMP manapun, maka di sesi talk show ada seorang motivator dari Jogja tadi mengatakan acara semacam ini pantasnya mahasiswa, tapi ternyata disini bisa dilakukan oleh anak – anak seusia SMP,” kata Hanifudin.

Dirinya berpendapat, adanya kegiatan tersebut bisa menjadi sebuah pembelajaran untuk mendewasakan bagi siswa didiknya sebagai calon leader. "Salah satu sarana dan cara untuk menyiapkan anak – anak menjadi seorang pemimpin dari pengalaman berorganisasi," tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?