Nasional

Jika Sewaktu-waktu Pendaftaran CPNS Diumumkan, Instansi Harus Siap

JAKARTA – Pembukaan pendaftaran CPNS 2019 secara online yang tadinya dijadwalkan pada Jumat 25 Oktober 2019 hingga kini juga masih belum diumumkan. Meski begitu, instansi yang membuka lowongan harus menyelesaikan semua settingan admin SSCASN.

"Dari sisi BKN, InsyaAllah siap. Tinggal instansi yang harus menyelesaikan semua settingan admin SSCASN dan menyiapkan format pengumuman jika sewaktu-waktu pengumuman resmi disampaikan oleh Menpan-RB," ujar kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN Mohammad Ridwan dilansir dari kompas.com.

Dalam penerimaan tahun ini ada 5 formulasi yang dibuka. Yakni guru, dosen, pegawai kesehatan, pegawai fungsional, dan pegawai teknis lainnya. Perinciannya guru 63.324 formasi, dosen 2.194 formasi, pegawai kesehatan 31.756 formasi, pegawai fungsional 28.767, formasi pegawai teknis lainnya 2.194 formasi.

Ridwan mengungkapkan bahwa mengenai informasi terkait pendaftaran CPNS ini, panitia seleksi nasional (panselnas) harus berkoordinasi dengan Menteri PAN-RB yang baru. Apalagi Menteri PAN-RB yang baru juga harus diberi waktu untuk mempelajari dan mengambil keputusan dalam waktu singkat.

Sebagaimana diketui, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) kini tidak lagi dijabat oleh Syafruddin. Di kabinet jilid II, “Indonesia Maju”, posisi menteri tersebut dijabat Cahyo Kumolo, yang tadinya menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Melansir dari liputan6.com, Kementerian PAN RB menyediakan kuota 266 orang untuk penerimaan CPNS 2019 di Pasaman Barat, Sumatera Barat. Dari total kuota CPNS tersebut, diprioritaskan kepada formasi guru dan tenaga kesehatan serta disusul tenaga fungsional.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pasaman Barat, Saifudin Zuhri mengatakan, penerimaan CPNS itu menunggu jadwal dari pemerintah pusat untuk 2019 ini. Menurutnya penerimaan CPNS 2019 ini dilakukan secara transparan dan tidak ada celah untuk melakukan kecurangan.

"Berapapun yang mendaftar akan kami layani sebaik mungkin secara fair dan transparan," tegasnya.

Pihaknya belum mendapatkan informasi final soal waktu pelaksanaan tes CPNS tahun ini. Panitia seleksi (pansel) masih dan akan memberikan format soal yang tidak jauh berbeda dengan tes seleksi yang lalu.

Pihaknya memperkirakan pengumuman rekrutmen CPNS dimulai serentak secara nasional pada akhir Oktober 2019. Seleksi Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB) dilaksanakan pada akhir bulan Januari 2020 dan Februari 2020.Terakhir pengumuman hasil dan pemberkasan CPNS bulan Maret sampai dengan April 2020.

Sedangkan untuk lokasi tes CPNS dilakukan secara mandiri di masing-masing daerah. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dilakukan di masing-masing daerah.

"Meski SKD dan SKB dilakukan daerah, namun tetap di bawah pengawasan BKN," ujarnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?