Suasana saat pendaftaran pemilih di sekolah. Siswa diajarkan bagaimana proses terkait dengan reorganisasi.

Daerah

Begini Proses Reorganisasi Ketua Osis

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Proses reorganisasi di sekolah tidak lagi menjadi isapan jempol. Ketua OSIS SMK Yudya Karya Kota Magelang, Jawa Tengah kini berganti. Rury yang telah menjabat selama setahun terakhir harus mengakhiri jabatannya. Di periode 2017/2018 hadir ketua baru. Dia adalah Dandi Syahputra yang terpilih melalui pemilihan ketua OSIS.

Siswa kelas 11 jurusan otomotif tersebut dipilih perwakilan siswa, guru dan karyawan dengan mengantongi 54 suara. Sementara dua kandidat lainnya Anggi (19 suara) dan Aldo (15 suara).

“Yang rusak ada 72 suara,” kata Ketua Panitia Pemilihan, yang juga Ketua OSIS periode sebelumnya, Rury.

Sebelum dipilih, tiga kandidat tersebut memaparkan visi misi kepada warga sekolah. Mereka juga diuji para pembina OSIS terkait pengetahuan kepemimpinan, organisasi hingga kesiswaan.

“Saya akan menjalankan roda organisasi dengan sebaik-baiknya,” kata Dandi, ketua OSIS terpilih.

Waka Kesiswaan SMK Yudya Karya Hardiyanto SH. SPd mengatakan, setelah proses pemilihan ini, para pengurus yang baru masih akan mendapat pembekalan dari sekolah. Yakni Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah (LDKS).

“Pengurus yang baru akan mendapatkan materi-materi seperti kepemimpinan, organisasi. Dengan pembekalan ini diharapkan mereka lebih mantap dalam berorganisasi,” katanya.

Kepala SMK Yudya Karya Drs Sugino M.Eng mengatakan, proses pemilihan tersebut sebagai ajang pembelajaran proses demokrasi bagi siswa. Sehingga, bila sudah memiliki hak pilih dalam pemilihan kepala daerah, anggota legislatif hingga presiden mereka tak lagi canggung.

“Pemilihan ketua OSIS ini untuk pembelajaran demokrasi secara langsung,” jelasnya.

Apa Tanggapan Anda ?