Ilustrasi. l sumber : dok.ugm.

Nasional

Berikut Agenda Bulan Bahasa dan Sastra Tahun Ini


Siedoo, Setiap bulan Oktober, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud) melalui Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan menggelar kegiatan terkait Bulan Bahasa dan Sastra.

Melansir dari kemendikbud.go.id, Kegiatan ini bukan hanya untuk memperingati 91 tahun Sumpah Pemuda, melainkan untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia.

Disamping itu juga  memelihara semangat dan meningkatkan peran masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra. Tema yang diusung pada kegiatan tahun ini adalah “Maju Bahasa dan Sastra, Maju Indonesia”.

Bulan Bahasa dan Sastra secara rutin diselenggarakan Kemendikbud sejak tahun 1980. Hal ini tidak lain sebagai salah satu bentuk memperingati hari lahirnya Sumpah Pemuda, yang menyepakati Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Puncak pelaksanaannya 28 Oktober 2019 di Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan, mulai dari debat bahasa, lomba mendongeng, festival teater, bedah buku, kuis, hingga festival film pendek.

Pada minggu pertama digelar kegiatan Debat Bahasa Antarmahasiswa, Pemartabatan Bahasa Negara di Lingkungan Dharma Wanita Persatuan Pusat, dan Simulasi Layanan Kebahasaan yang berlangsung pada 1 sampai 4 Oktober 2019.

Pada minggu kedua, digelar Lomba Mendongeng bagi Difabel dan Festival Teater Rakyat yang berlangsung pada 6 sampai 13 Oktober 2019.

Pada minggu ketiga, digelar Bedah Buku Penerimaan Penghargaan Sastra Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kuis Pelita dan Bahasa, dan Zona Literasi yang berlangsung pada 15 sampai 18 Oktober 2019.

Kemudian pada minggu terakhir digelar Bincang-Bincang Satu Dasarwasa Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2019 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, hingga ditutup dengan Festival Film Pendek Bahasa Derah yang berlangsung pada 21 Oktober 2019 hingga puncak pelaksanaan pada 28 Oktober 2019.

Tempat pelaksanaan rangkaian kegiatan ini di Gedung Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, di Rawamangun, Jakarta Timur. Terdapat beberapa narahubung di setiap kegiatan untuk memudahkan peserta untuk melakukan pendaftaran ataupun menanyakan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan. (*)

Apa Tanggapan Anda ?