Lomba MTQ tingkatkan syiar Islam pada anak usia dini. | foto : Siedoo

Daerah

MTQ, Kesempatan untuk Gali Potensi Pelajar


MAGELANG - Kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) bertujuan untuk menggali potensi pelajar. Penting bagi pelajar dikenalkan pendidikan agama sejak dini sebagai karakter dalam diri siswa.

"Pendidikan agama ini selaras dengan visi - misi Kota Magelang, sebagai kota yang cerdas modern dilandasi dengan masyarakat sejahtera dan religus. Peran agama di sini, sangat krusial untuk mendidik mental siswa yang baik," kata Camat Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah Andri Rudianto.

Ia mengatakan itu saat Kecamatan Magelang Selatan mengelar Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) Tingkat pelajar SD/MI dan Umum, di Masjid Nurul Islam, Karet, Jurangombo Selatan. Kegiatan ini sebagai upaya untuk memperkuat tali silaturahmi dan syiar Islam.

Kegiatan ini dihadiri 49 peserta yang berasal dari perwakilan SD/MI dan 57 peserta umum (anak-anak). Mereka melangsungkan lomba selama dua hari hingga, Kamis (26/9/2019).

Peserta memperebutkan trophy, sertifikat, dan uang pembinaan. Kemudian, Juara 1 dan 2 pada MTQ nantinya akan diikutkan dalam MTQ tingkat Kota Magelang, 8-9 Oktober 2019 mendatang.

"Untuk (hari pertama) lomba untuk kategori siswa SD/MI dan Kamis (26/9) untuk kategori umum," kata Ketua Panitia MTQ Pelajar, Teguh Widodo.

Teguh yang juga Sekretaris Kecamatan Magelang Selatan itu menambahkan, terdapat 8 jenis lomba yang diikuti peserta dalam gelaran MTQ kali ini. Untuk kategori pelajar SD/MI terdapat 4 lomba yaitu tilawah putra dan putri, tartil putra dan putri. Lalu kategori umum di antaranya lomba tilawah putra dan putri dan hifdzil putra dan putri. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ads Samanata