Daerah

Era Revolusi Industri 4.0, Siswa Dilatih Menemukan Permasalahan Baru

MAGELANG - Sebanyak 30 peserta perwakilan dari siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 3 dan 5 Kota Magelang, Jawa Tengah mengikuti pelatihan penulisan karya ilmiah. Kegiatan tersebut merupakan Program Pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh tim dosen dari Universitas Tidar.

Pelatihan tersebut  berfokus pada upaya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan sikap ilmiah pada siswa di era Revolusi Industri 4.0. Diketahui bahwa, era Revolusi Industri 4.0 saat ini tengah melanda seluruh dunia.

Termasuk Indonesia dengan dampak utama yang dirasakan. Yaitu semakin mudahnya manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari yang terkoneksi dengan jaringan komputer dan internet.

“Adanya kemudahan-kemudahan di era Revolusi Industri 4.0 tersebut memungkinkan generasi muda terkikis sikap kritis dan ilmiahnya. Maka dari itulah kegiatan ini perlu dilaksanakan,” kata Sekar Jati Pamungkas, M.Pd, dosen yang juga sebagai ketua program.

Secara khusus, dalam kegiatan yang berlangsung dalam empat tahap tersebut, para siswa dilatih untuk menemukan permasalahan-permasalahan di sekitar mereka. Juga menyusun rumusan masalah, menentukan solusi atas permasalahan yang ditemukan. Hingga mampu mempresentasikan hasil karya tersebut di depan umum secara baik.

Diharapkan pula, setelah pelatihan ini para siswa memiliki bekal dan motivasi untuk mengikuti ajang kompetisi penulisan karya tulis ilmiah. Mulai dalam tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Sehingga, mampu mengangkat citra sekolahnya masing-masing. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?