Nasional

Kebutuhan Insinyur 280 Ribu, Baru Tercukupi 14 Persen

YOGYAKARTA – Para insinyur baru agar selalu memegang teguh tiga hal. Yaitu, keahlian, tanggung jawab dan kesejawatan dalam rangka pengembangan profesi.

Pesan itu disampaikan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Sutrisna Wibawa dalam yudisium Program Profesi Insinyur UNY Angkatan 2 Tahun 2019 di Rektorat UNY. Ia mengungkapkan bahwa berdasarkan data, kebutuhan insinyur lima tahun kedepan mencapai sekitar 280 ribu orang, tetapi baru tercukupi sekitar 14 %.

“Hal ini menandakan bahwa ketercukupan kebutuhan insinyur masih sedikit. Dapat dibuktikan dengan adanya sebuah proyek, dimana membutuhkan insinyur, maka akan dicari sesaat. Itu karena insinyur yang ada bekerja di berbagai proyek,” jelasnya.

Kondisi demikian akan mengurangi kualitas dari proyek tersebut. Ini adalah tantangan bangsa Indonesia untuk terus menghasilkan insinyur yang akan melaksanakan pembangunan.

Lebih lanjut Rektor memaparkan, UNY membuka program ini sesuai penugasan Persatuan Insinyur Indonesia Pusat.

“Tidak semua perguruan tinggi diberi amanah ini,” kata Sutrisna Wibawa.

Saat ini UNY telah membuka program profesi insinyur tahap 7. Harapannya UNY terus dipercaya masyarakat untuk melaksanakan program profesi insinyur.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNY Margana mengatakan, program profesi insinyur hingga saat ini memiliki 46 orang mahasiswa. Tahun 2018 UNY telah meluluskan 26 mahasiswa dan tahun ini meluluskan 9 mahasiswa .

Menurutnya, dalam program profesi insinyur terdapat dua pola, yaitu Recognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dan pula tatap muka dengan jumlah 24 SKS wajib tempuh yang terdiri dari berbagai mata kuliah. Diantaranya kode etik dan etika profesi insinyur, profesionalisme keinsinyuran serta seminar workshop dan diskusi.

Margana menegaskan, UNY hingga saat ini masih menggunakan pola RPL berbasis portofolio yang terdiri dari beberapa komponen. Diantaranya pendidikan formal, organisasi profesi, pengalaman dalam pekerjaan manufaktur dan industri serta karya tulis bidang keinsinyuran yang dipublikasikan.

Yudisium dihadiri oleh perwakilan Persatuan Insinyur Indonesia Pusat dan DIY, para Wakil Rektor dan pejabat dari Fakultas Teknik. Acara ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari para hadirin. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?
Tags: UNY

Recent Posts

Kasus Tawuran, Miras dan Narkoba di Kabupaten Magelang Perlu Mendapat Perhatian Serius

MAGELANG, siedoo.com - Kapolresta Magelang, Kombes Pol Mustofa menyampaikan, masih ada beberapa hal yang menjadi evaluasi selama 2024 agar ke…

6 jam ago

UNIMMA Serukan Bela Palestina dan Kutuk Israel, Bacakan Pernyataan Sikap 10 Dasasila

MAGELANG, siedoo.com - Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel digelar 172 Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia. Termasuk di dalamnya…

1 hari ago

ITS Ikuti Periklindo Electric Vehicle Show 2024, Hadirkan Nogogeni

SURABAYA, siedoo.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) turut berpartisipasi dalam perhelatan akbar Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, sebuah…

3 hari ago

UNIMMA Luncurkan Inovasi Pariwisata Borobudur Melalui Metaverse

MAGELANG, siedoo.com - Tim Dosen dari Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) telah mengembangkan teknologi metaverse untuk digitalisasi pariwisata desa. Platform ini merupakan…

3 hari ago

Disdikbud Kabupaten Magelang Selenggarakan Gelar Karya Pendidikan Selama Dua Hari

MAGELANG, siedoo.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Magelang menyelenggarakan kegiatan 'Gelar Karya Pendidikan' mulai tanggal 2 hingga 4…

5 hari ago

Kampus Mengajar Angkatan 7 SDN Pamujaan dan Hima FKIP Ma’soem University Gelar Festival Pendidikan

BANDUNG, siedoo.com - Tim Kampus Mengajar angkatan 7 SDN Pamujaan, Bandung berkolaborasi dengan Hima FKIP Ma’soem University mengadakan kegiatan Festival Pendidikan, Kamis…

6 hari ago