Nasional

Pomnas di Jakarta, 3.404 Atlet Berebut 713 Medali

JAKARTA – Sebanyak 3.404 atlet dari 34 provinsi se-Indonesia meramaikan ajang Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke XVI di Jakarta hingga 26 September mendatang. Mereka akan bertanding di 19 cabang olahraga yang memperebutkan 713 medali. Kali ini juga mempertandingkan empat cabang olahraga eksebisi. Yaitu angkat besi, bola tangan, cricket dan e-sport.

Direktur Jenderal Kemahasiswaan dan Pembelajaran Kemenristekdikti, Ismunandar mengatakan, dalam ajang itu mahasiswa yang menjadi atlet selain diberikan kesempatan untuk saling mengenal mahasiswa dari provinsi lain, juga diberikan kesempatan untuk menjadi atlet yang akan dibina oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Selain itu, mereka akan diberi fasilitas untuk mengunjungi seluruh tempat wisata di DKI Jakarta.

“Jangan sia-siakan kesempatan untuk mengambil manfaat besar dari kegiatan ini. Mari kita terus bersama-sama membangun persatuan dan kesatuan. Semoga keberhasilan dan masa depan yang cerah, milik saudara semua. Negara besar yang kita cintai ini menantikan pengabdian berkualitas dari saudara semua,” ungkapnya.

Pomnas kali ini dipimpin Universitas Negeri Jakarta (UNJ) juga mendapat dukungan berupa dana dan fasilitas dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terutama bagi atlet dan officials.

Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Saefullah menyatakan, para atlet dan official dijamin keselamatannya BPJS Ketenagakerjaan. Pemerintah DKI Jakarta juga memberikan layanan khusus ke destinasi di wilayah tersebut yang disukai, termasuk mencoba MRT.

“Semoga semuanya selamat, dan nanti pada waktunya teman-teman dari 34 provinsi yang ikut berlaga di sini,.Saya yakin pelaksanaan POMNAS akan berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Pejabat Pelaksana Harian Rektor Universitas Negeri Jakarta, Intan Ahmad, sebagai koordinator pelaksana Pomnas XVI Jakarta 2019 mengungkapkan para peserta perlu mendapat dukungan lanjutan dari KONI agar Indonesia dapat memiliki atlet-atlet yang memenangkan kompetisi olahraga internasional.

“Sejarah capaian prestasi olahraga Indonesia pada ASEAN Games 2018 lalu, Indonesia memperoleh 31 medali emas. 22 di antaranya diperoleh oleh para mahasiswa. Ini suatu bukti nyata, bagaimana kontribusi para pemuda dalam olahraga di Indonesia,” ungkap Ketua Umum Pengurus Besar POMNAS XVI Jakarta 2019 sekaligus Pejabat Pelaksana Harian Rektor Universitas Negeri Jakarta Intan Ahmad.

Pomnas XVI Jakarta 2019 kali ini memiliki maskot berupa elang bondol (Haliastur indus) yang tinggal di sepanjang pantai dan mangrove DKI Jakarta. Maskot ini diberi nama Si Bondi. Elang bondol yang juga maskot dari Provinsi DKI Jakarta ini melambangkan sikap ulet serta tangguh dalam mencapai prestasi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?