Berkat Ketua Redaktur Jurnal Cakrawala Pendidikan Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro, Jurnal Cakrawala Pendidikan UNY raih peringkat I Sinta Award. | foto : Humas UNY

Inovasi Tokoh

Cakrawala Pendidikan UNY, Jurnal Terunggul di Sinta Award


Siedoo, Keberhasilan Cakrawala Pendidikan sebagai jurnal yang terindeks Scopus merupakan kebanggaan tersendiri bagi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) secara kelembagaan. Kebanggaan itu semakin bertambah dengan dinobatkannya Cakrawala Pendidikan sebagai Jurnal Terbaik Peringkat I pada ajang Science and Technology Index (SINTA) Award 2019.

“Capaian ini tentu saja keberhasilan bersama kami, seluruh Pengelola Cakrawala Pendidikan. Dengan dukungan penuh dari Pimpinan UNY,” kata Prof. Dr. Burhan Nurgiyantoro, Ketua Redaktur Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Pernyataan itu menanggapi Jurnal Cakrawala Pendidikan yang dikelola oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) Universitas Negeri Yogyakarta, berhasil meraih Peringkat I dalam ajang Science and Technology Index Award 2019. Jurnal Cakrawala Pendidikan dapat memenuhi persyaratan, yakni:

(a) terindeks Scopus,

(b) memiliki nilai H-5 indeks, dan

(c) dampak tertinggi yang terdata dalam SINTA.

Untuk Peringkat II diberikan kepada Jurnal Acta Medica Indonesiana (Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia), sedangkan Peringkat III diberikan kepada Jurnal Pendidikan IPA Indonesia/ Indonesia Journal of Science Education (Universitas Negeri Semarang).

Penghargaan SINTA Award merupakan bentuk apresiasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), terhadap upaya yang dilakukan kalangan peneliti dan akademisi, dalam mendorong peningkatan publikasi dan jurnal. Lebih lanjut, melalui penghargaan ini diharapkan dapat menghilangkan ketergantungan terhadap penggunaan sistem pengindeks publikasi dari luar negeri.

Ke depan, harapannya Tim Redaktur terus berupaya meningkatkan kinerja dan komitmennya untuk keberlangsungan pengelolaan jurnal.

"Jurnal ilmiah adalah ruh dan eksistensi sebuah perguruan tinggi. Keberadaan jurnal ilmiah yang bereputasi menjadi salah satu tolok ukur kinerja dan atmosfer akademik di perguruan tinggi," kata Prof Burhan.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., mengucapkan selamat dan berterimakasih kepada Ketua Redaktur dan semua anggota redaktur Jurnal Cakrawala Pendidikan. Keberhasilan ini diharapkan dapat menjadi motivasi dan contoh nyata bagi para pengelola jurnal yang ada di UNY untuk berbenah dan meningkatkan kualitasnya.

"Semoga semakin banyak jurnal-jurnal di UNY yang dapat terindeks Scopus. Sehingga mampu memfasilitasi para dosen untuk sosialisasi dan desiminasi hasil-hasil penelitian dan pemikiran. Yaitu untuk pengembangan ilmu pengetahuan," tandasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ads Samanata