Daerah

Kota Magelang Jadi Sasaran Pembelajaran Inovasi Pelayanan Publik

MAGELANG - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah menjadi sasaran pembelajaran kunjungan study lapangan DIKLATPIM IV angkatan VIII dan IX Pusdiklat Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos). Sebanyak 78 peserta belajar di Kota Magelang selama empat hari.

Rombongan diterima oleh Staf Ahli Walikota Magelang Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Machbub Yani arfian, di Aula Adipura Kencana, Rabu (4/9/2019). Turut hadir sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemkot Magelang. Kunjungan ini tidak lepas dari keberhasilan Pemerintah Kota Magelang melakukan inovasi pelayanan publik.

Selama empat hari para peserta akan belajar inovasi pelayanan publik ke sejumlah OPD, yaitu Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Data Go), Dinas Perhubungan (Aplikasi Siap Uji KIR Online), Badan Penelitian dan Pengembangan (Galeri Inovasi), Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Magelang (Si Bahenol).

Staf ahli Walikota Magelang Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Machbub Yani Arfian menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas kunjungan peserta Diklatpim dari Kemensos. Ia menyampaikan pentingnya semangat kinerja ASN Kota Magelang untuk melakukan inovasi dan berkreasi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelayanan publik yang baik tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat," katanya.

Dalam kesempatan itu ia berpesan, agar peserta bisa mengambil hal positif untuk diterapkan. Sekaligus memberikan masukan kepada Pemkot Magelang terkait inovasi pelayanan publik.

“Kami masih terus berbenah, maka masukan apapun sangat bermanfaat bagi kemajuan inovasi di Kota Magelang,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Pusdiklat Kesejahteraan Sosial Kemensos RI, Mulia Jonie mengatakan, alasan dipilihnya Kota Magelang menjadi lokasi kunjungan, karena keberhasilannya dalam menciptakan inovasi pelayanan publik yang telah meraih sederet penghargaan di tingkat nasional.

“Kami melihat Pemkot Magelang sangat baik dalam berinovasi di bidang pelayanan publik. Maka, ini sebagai pertimbangan kami untuk belajar ke kota ini,” kata Mulia Jonie saat menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan di Aula Adipura Kancana.

Mulia mengemukakan, Pemkot Magelang dinilai telah berhasil melakukan berbagai terobosan dan inovasi yang sangat bagus serta bermanfaat bagi peningkatan pelayanan publik. Sehingga, sangat layak dijadikan contoh dan dipelajari sebagai best practice para peserta diklat.

“Kami harap para peserta belajar dan memperoleh wawasan baru dan mencontoh apa yang dilakukan di sini, lalu bisa membawanya ke tempat kerja masing-masing,” katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?