Advertorial Daerah

Gebyar Kelahiran Gugus Depan di Skanida

Siedoo, Sekolah Menengah Kejuaraan (SMK) Negeri 2 Magelang, Jawa Tengah melangsungkan kegiatan HUT Gudep, Sarasehan, dan Unjuk Bakat Gugus Depan 02.149-150.S. Kegiatan untuk memperingati hari lahirnya gugus depan ini dilangsungkan pada Sabtu, (31/8/2019).

Kegiatan tersebut diikuti seluruh Ambalan Sekar Mirah Agung Sedayu. Mulai peserta dari kelas X sampai dengan panitia, yaitu Bantara kelas XI.

Selain bertujuan untuk menyemarakkan hari kelahiran pramuka di SMK Negeri 2 Magelang, acara ini juga menjadi sarana untuk menumbuhkan kerjasama antarkelas. Sehingga, berbagai macam lomba yang ada dapat menunjang kebersamaan dan kekompakan.

Sebagai contoh lomba yang dapat menunjang bakat yaitu tartil, cerdas-cermat, dan dance. Juga lomba stand up dan jurnalistik, serta perhimpunan baris-berbaris yang dapat mengasah softskill.

Dalam hal ini, kedisiplinan dan rasa percaya diri siswa, serta public speaking yang belakangan ini tengah digandrungi, juga lomba ketangkasan dan masih banyak lagi lomba-lomba lain yang semata-mata bertujuan untuk membentuk karakter siswa menjadi lebih baik.

Peringatan seperti ini sudah yang kesekian kalinya, namun baru kali ini perayaan dilaksanakan pada bulan Agustus. Karena sejatinya, Pramuka SMK Negeri 2 Magelang lahir pada bulan September. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan acara dimajukan di bulan Agustus.

“Kami memajukan acara hampir satu bulan dikarenakan panitia yang berasal dari kelas XI akan melangsungkan On The Job Training (PKL) yang akan dimulai awal September. Sehingga, kita kekurangan personil untuk menangani kegiatan. Jadilah acara dimajukan,” jelas Kak Bagus Sunyoto, S.Pd, Ketua Gugus Depan SMK Negeri 2 Magelang.

Acara berlangsung dengan baik dan meriah mulai dari pembukaan, lomba-lomba, sampai dengan acara terakhir yaitu penutupan yang dilaksanakan pukul 15.30 WIB. Sebenarnya acara sudah berlangsung sejak Jumat, namun hanya diisi oleh beberapa lomba saja. Sedangkan untuk puncaknya jatuh pada hari Sabtu.

Ada banyak tamu yang diundang seperti Bantara kelas XII, tamu undangan dari suborganisasi Rohis, Cosspala, Tonti, dan masih banyak yang lainnya. Pada intinya, semua diundang untuk turut memeriahkan perayaan kali ini.

Untuk cikal yang tersemat di dada, selamat hari lahir gerakan pramuka sekolahku. (*)

*Tim Jurnalistik SKANIDA

Apa Tanggapan Anda ?