Advertorial Daerah

Luapan Pesta Demokrasi di Skanida

MAGELANG - Menjelang jam istirahat ke dua Kamis (29/8/2019) kemarin siang, SMK Negeri 2 Kota Magelang melangsungkan pesta demokrasi. Pesta yang dimaksud adalah pemilihan umum yang diadakan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMK Negeri 2 Magelang Periode 2019/2020. Pemilihan dilakukan di ruang AVA SMK Negeri 2 Magelang.

Ada empat pasangan calon yang merupakan perwakilan dari masing-masing kompetensi keahlian (jurusan). Momen sebelumnya mereka sudah berorasi secara terbuka untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja yang mereka cetuskan setelah upacara bendera Senin lalu. Mereka adalah Diah Rahmawati dan Velindra Sheva Putri sebagai pasangan nomor urut satu.

Sementara pasangan nomor urut dua yaitu Diva Kamilasari dan Nouval Ariq Fadhurrahman.  Nastiyaningsih dan Bagas Fajar Santoso diurutan ke tiga dan yang terakhir dinomor urut empat ada Muhammad Sachib Farhan Nauvaldhi dan Puji Hesti Anggun Satiti.

Adapun cara pemilihan yang dilakukan secara online menggunakan sistem e-voting. Cara ini digunakan sebagai implementasi dari sekolah berintergritas dan sekolah adiwiyata. Karena dengan pelaksanaan Pesta Demokrasi secara tidak langsung telah menerapkan nilai kejujuran dan tanggung jawab serta kesederhanaan.

Para kandidat calon Ketua Osis Skanida. | foto : Tim Jurnalistik Skanida

Kejujuran dan tanggung jawab tercermin dalam budaya memberikan suaranya sesuai hati nurani dan bertanggung jawab pada pilihannya. Sedangkan kesederhanaan diwujudkan dalam pemakaian media online yang tidak membutuhkan banyak biaya, serta turut menjaga kebersihan lingkungan karena dengan menggunakan sistem e-voting.

Sehingga panitia penyelenggara pemilihan umum tidak perlu menyediakan kertas suara yang notabene akan dibuang setelah suara diperoleh. Hal itu juga mencerminkan ciri dari sekolah adiwiyata.

Cara untuk memilih terbilang mudah karena pemilik suara hanya perlu datang ke ruang AVA, kemudian diberi nomor token yang nantinya akan menjadi akses untuk memilih. Setelah masuk ke bilik suara yang telah disediakan, pencoblos hanya perlu mengisi token yang telah diberikan, mengklik kandidat yang akan dipilih, kemudian selesai.

Diikuti oleh 903 anak dari 27 kelas, pelaksanaan Pesta Demokrasi berlangsung dengan tertib dan antusias dengan bukti semua siswa turut serta menggunakan hak pilihnya.

Setelah dilakukan proses pemilihan selama kurang lebih tiga jam, akhirnya terpilihlah kandidat nomor urut tiga, dengan jumlah pemilih 631 atas nama Nastiyaningsih sebagai ketua dan wakilnya Bagas Fajar Santoso untuk masa bakti 2019/2020.

Jumlah pemilih ini termasuk yang paling banyak dibanding pasangan nomor urut satu dengan jumlah perolehan suara 18, pasangan nomor urut dua dengan perolehan suara 30, ataupun pasangan nomor urut empat dengan perolehan suara 224.

"Syukur dan alhamdulillah proses pemilihan sudah berlangsung secara benar-benar, penuh penyaringan hingga berujung ada sosok yang sudah terpilih dan dipilih oleh kita semua. Itu merupakan wujud dari sebuah demokrasi," jelas Triyas Aldini, Ketua OSIS SMK Negeri 2 Magelang Periode 2018/2019 saat sesi wawancara.

Musyawarah serta aspirasi dalam hal demokrasi adalah hal yang diutamakan. Apalagi hal yang berkaitan dengan pemilihan ketua dari mulai rekrutment, sampai memilih kandidat, hingga menjadi calon ketua dan terpilihlah ketua yang sah.

"Untuk kandidat yang terpilih semoga dapat bertanggungjawab dan mengemban amanah yang sudah diberikan," ujar Triyas.

Kesuksesan yang sama terulang lagi, dimana OSIS SMK Negeri 2 Magelang akan dipimpin oleh seorang srikandi muda yang cerdas, kreatif, dan cekatan. Semoga jaya selalu SKANIDA-ku. (Siedoo) 

*Tim Jurnalistik SKANIDA

Apa Tanggapan Anda ?