Salah satu rangkaian dalam Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UNY. | foto : Humas UNY

Nasional

Rektor UNY : Mahasiswa Baru, Minimal Ikut Satu UKM


YOGYAKARTA - Penyaluran bakat dan minat mahasiswa, salah satunya lewat unit kegiatan mahasiswa. Saat ini Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membina 40 organisasi kemahasiswaan, diantaranya BEM, DPM dan UKM.

Untuk mengenalkan UKM, Universitas Negeri Yogyakarta menggelar Display Unit Kegiatan Mahasiswa di GOR UNY. Acara tersebut diikuti 38 UKM, yang terbagi dalam empat bidang, yaitu bidang penalaran, bidang seni, bidang olah raga serta bidang kesejahteraan/minat khusus.

Display UKM diadakan untuk mengenalkan dan mengajak mahasiswa baru ikut serta dan aktif berkegiatan di UKM UNY. Dengan demikian, mereka mendapat ilmu dan softskill baru yang tidak mereka dapat selama perkuliahan di kelas.

"Semoga kegiatan ini dapat mengenalkan dan mengajak mahasiswa baru untuk bisa ikut terlibat dalam menuangkan bakat, karya dan talentanya," kata Ketua Panitia Display UKM UNY Deden Shuhud Komara.

Kegiatan itu juga sebagai rangkaian dalam PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru). Rektor UNY Sutrisna Wibawa mengatakan bahwa, pada display UKM akan tampil UKM olahraga, seni, minat khusus dan kesejahteraan kerohanian.

“Amati dengan baik UKM yang tampil, mahasiswa baru harus mengikuti minimal satu UKM,” tegas Sutrisna.

Rektor mengharapkan para pengurus UKM memanfaatkan momen ini untuk bersosialisasi dan membuka pendaftaran calon anggota baru.

Menurut Rektor, UKM merupakan salah satu unit kegiatan yang sangat penting, karena akan memberi nilai tambah dari studi pokok mahasiswa.

Disini bisa berlatih tentang leadership dan menimba pengetahuan, serta keterampilan lain di luar program studi. Sehingga, ketika lulus diharapkan memiliki kemampuan lebih, karena tidak hanya sebagai sarjana program studi.

"Tapi juga memiliki pengalaman yang baik dalam unit kegiatan mahasiswa dan organisasi kemahasiswaan," urainya.

Sementara itu, salah satu mahasiswa baru, Eka Tia Wardani dari Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Sosial mengatakan bahwa, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena bisa memilih kegiatan yang cocok dengan minat dan bakatnya.

“UKM telah menampilkan yang terbaik. Sehingga kami dapat tahu kegiatan yang ada di UNY,” kata alumni SMAN 1 Sambit Ponorogo tersebut. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang